Inilah 3 Cara Daftar MyPertamina buat Beli Pertalite & Solar, Bisa Offline

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 30/Jun/2022 14:56 WIB
Pengguna BBM menunjukan Aplikasi MyPertamina di Smartphone. (Istimewa) Pengguna BBM menunjukan Aplikasi MyPertamina di Smartphone. (Istimewa)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Terhitung 1 Juli 2022 mendatang, pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar akan dibatasi untuk masyarakat yang berhak. Para konsumen yang ingin membeli BBM tersebut diwajibkan terdaftar atau memiliki akun MyPertamina. Uji coba penerapan kebijakan ini akan dilakukan terlebih dahulu di beberapa daerah. 

Perihal bagaimana cara melakukan pendaftaran, masyarakat tidak perlu bingung dan khawatir. Pasalnya, Pertamina menyediakan 3 jalur layanan pendaftaran. Jalur-jalur tersebut antara lain secara online melalui aplikasi MyPertamina, melalui website resmi Pertamina, dan yang terakhir datang langsung ke SPBU secara offline 

Baca Juga:
Sabtu Malam Jalan di Bekasi Macet Parah, Warga Mengeluh

1. Lewat Aplikasi MyPertamina 

Untuk anda yang memilih untuk mendaftarkan diri lewat aplikasi MyPertamina. 

Baca Juga:
Sambut Lebaran, Korlantas Polri Tambah 34 Titik ETLE di 3 Polda Jajaran

Pertama, download aplikasi MyPertamina melalui Google Play Store atau App Store. Bila sudah, yang pertama dilakukan adalah klik daftar. 

Kedua, melakukan registrasi dengan mengisi Nama Lengkap, Nomor Telepon, PIN 6 Digit dan ketik ulang PIN 6 digit dan klik Daftar. 

Baca Juga:
Tingkatkan Kepatuhan Masyarakat, Polda Bali Tambah 8 Titik Kamera ETLE

Ketiga, aplikasi MyPertamina akan mengirimkan kode SMS OTP ke nomor telepon yang sudah terdaftar. 

Keempat, masukkan nomor OTP yang diberikan lewat SMS untuk melakukan verifikasi, klik ok, maka pengguna sudah otomatis login di aplikasi MyPertamina. 

Kelima, bila login sudah dilakukan pengguna bisa langsung menghubungkan sarana pembayaran lewat menu metode pembayaran pada ikon 'akun'. 

Keenam, pengguna bisa memilih metode pembayaran, mulai dari menyambungkan aplikasi LinkAja ataupun mendaftarkan kartu debit dari bank Mandiri, BRI, dan BNI. 

Ketujuh, bila memilih LinkAja, pengguna tinggal mengikuti proses yang ada berupa verifikasi lewat kode OTP via SMS. Dari situ, metode pembayaran sudah langsung terdaftar. 

Kedelapan, pengguna bisa juga melengkapi data diri di akunnya dengan mengklik menu 'edit profil' lalu melengkapi informasi dari nama lengkap, email, nomor KTP, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, hingga alamat lengkap. 

2. Lewat Website MyPertamina 

Sementara itu, mengenai cara pendaftaran melalui website MyPertamina.id adalah sebagai berikut.
Pertama, masuk ke laman MyPertamina.id, kemudian masuk ke bagian registrasi subsidi tepat. Atau, masyarakat juga bisa langsung klik tautan https://subsiditepat.mypertamina.id/. Menu ini akan di launching pada 1 Juli mendatang. Ikuti instruksi dalam website tersebut. 

Kedua, isi data diri, tipe konsumen, data kendaraan, hingga data pengguna kendaraan. Data tersebut termasuk meng-upload STNK, nomor polisinya, foto kendaraannya dan NIK-nya. Data pun akan tersimpan dan melalui proses pencocokan data. Pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala. 

Kemudian setelah mendapat penerimaan atau persetujuan kecocokan data, Pertamina akan memberikan QR Code yang akan dikirim melalui email yang diregistrasi. QR Code inilah yang nantinya akan dipergunakan sebagai 'identitas' untuk ditunjukkan ke petugas saat membeli Pertalite atau Solar di SPBU Pertamina. QR Code tersebut juga bisa di-print out dan dibawa fisiknya ke SPBU 

3. Lewat SPBU secara offline 

Sedangkan untuk pendaftaran secara offline, dapat dilakukan di SPBU. Layanan pendaftaran offline itu seperti yang tersedia di empat SPBU di Sumatera Barat. SPBU tersebut menjadi lokasi pendaftaran bagi masyarakat yang belum bisa mendaftar melalui MyPertamina. 

Keempat SPBU tersebut, antara lain SPBU 14.261.530, Kota Bukittinggi; SPBU 14.264.566, Kabupaten Agam; SPBU 14.271.536, Kota Padang Panjang; dan SPBU 14.272.5102, Kabupaten Tanah Datar. 

"Kami akan melayani aktivasi pendaftaran penyaluran Pertalite dan solar di Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, dan Kabupaten Tanah Datar," tutur Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Taufikurachman dikutip Rabu (29/6/2022). 

Meski demikian, masyarakat tetap diimbau mendaftar melalui situs subsiditepat.mypertamina.id. "Hal ini dilakukan agar penyaluran BBM subsidi makin tepat sasaran dan tepat kuota," katanya. 

Setelah mendaftar, pengguna akan mendapat akan mendapat QR Code yang dapat digunakan untuk pembelian BBM Subsidi di SPBU Pertamina. 

Itulah 3 jalur yang dapat menjadi pilihan untuk mendaftarkan diri di MyPertamina. Adapun pendaftaran baru dibuka 1 Juli 2022 mendatang. Meski begitu, ada keterangan Pertamina dalam link pendaftaran soal tahapan pendaftaran MyPertamina, berikut daftarnya: 

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya
2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id
3. Centang informasi memahami persyaratan
4. Klik daftar sekarang
5. Ikuti instruksi dalam website tersebut
6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala
7.Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina. (Fhm)