Kepala BPSDMP Lantik 61 Pelaut Ahli Nautika dan Teknika Tingkat I Lulusan BP3IP Jakarta

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 01/Jul/2022 23:54 WIB
Kepala BPSDMP Kepala BPSDMP


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta melantik 61 Pelaut Ahli Nautika Tingkat I dan  Ahli Teknika Tingkat I. 

Pelantikan Perwira Transportasi ke-60 ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan di Grand Ballroom Mercure Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Baca Juga:
BP3 Curug Gelar Diklat Pilot Drone Bagi Aparatur KKP

Kepala BPSDMP, Djoko Sasono saat melantik menyampaikan bahwa dalam upaya membangkitkan dunia maritim Indonesia dan berhadapan dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), SDM Pelaut harus mampu bersaing dan memiliki keunggulan baik attidue, knowledge dan skill. 

"Bon Voyage ini bukanlah perjuangan yang mudah dan pada era mendatang tantangan yang akan dihadapi semakin berat, oleh karena itu kita semua harus selalu produktif dan aktif dalam meningkatkan kemampuan diri sebagai pelaut profesional yang mampu bersaing secara global," urainya. 

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Pelantikan perwira transportasi laut kali ini mengusung tema “The Bon Voyage of Marine Officer Class I “Your Voyage Then and Now  Share Your Journey”.

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Tema tersebut dipilih sekaligus dalam rangka memperingati hari pelaut sedunia dan untuk mengapresiasi serta memberi penghormatan kepada para pelaut yang menjadi bagian distribusi global, di mana pelaut memiliki peran penting sebagai tulang punggung perekonomian sebuah negara.

“Sebagai salah satu bentuk dukungan BP3IP guna mewujudkan hal tersebut adalah dengan terus bekerja keras menyediakan jasa pendidikan pelaut yang berkualitas sehingga menghasilkan lulusan yang profesional dan berdaya saing global," ujar Djoko. 

Dia juga menyampaikan tugas dan tanggung jawab pelaut penuh risiko dan tantangan dalam menghadapi ketidakpastian kondisi alam dan tentu saja meninggalkan keluarga terlebih lagi dengan kondisi pandemi yang saat ini masih terjadi. 

Djoko menekankan kembali pada para pelaut agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan di manapun berada, khususnya di pelabuhan-pelabuhan yang disinggahi dan terdapat risiko penularan Covid-19 cukup tinggi. 

“Sekali lagi saya ucapkan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh peserta Bon Voyage, manfaatkanlah dengan baik bekal dan pengalaman yang telah anda dapatkan selama mengikuti pendidikan di BP3IP Jakarta," tuturnya.

Pada kesempatan sama, menurut Sekretaris BPSDMP, Dr. Capt. A Arif Priadi, melihat perkembangan saat ini, disrupsi teknologi merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari.

"Untuknya lembaga pendidikan dan pelatihan di lingkungan BPSDMP harus mampu memberikan masukan dan solusi terhadap tantangan-tantangan tersebut untuk menciptakan SDM transportasi yang unggul dengan dibekali nilai-nilai PRESTASI (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas)," ujarnya.

Sementara Direktur BP3IP Jakarta, Dr. Ir. Ahmad melaporkan wisudawan yang dilantik merupakan para pelaut program diklat pelaut tingkat 1 Nautika sebanyak 38 orang dan program  Diklat Pelaut Tingkat I Teknika sebanyak 23 orang. 

"Para lulusan diberikan Sertifikat Ahli Nautika dan Teknika Tingkat 1," ucapnya. 

Para Peserta Bon Voyage juga mendapatkan Predikat Kepelautan Master Mariner  bagi lulusan diklat Nautika dan Predikat Kepelautan Master marine engineer bagi lulusan Teknika. (omy)