Optimalkan Penyerapan Lulusan Kampus Pelayaran, Poktekpel Barombong Dirikan Manning Agency

  • Oleh : Naomy

Rabu, 13/Jul/2022 06:16 WIB
Peresmian Marning Agency di Poltekpel Barombong Peresmian Marning Agency di Poltekpel Barombong


MAKASSAR (BeritaTrans.com) - Wujudkan link and match Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan dengan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) transportasi di dunia industri dan mengoptimalisasi asset serta peningkatan layanan Badan Layanan Umum (BLU) UPT diklat pelayaran di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Kepala BPSDMP, Dr. Djoko Sasono meresmikan Barombong Marine Polytechnic (BMP) Manning Agency, Politeknik Ilmu Pelayaran (Poltekpel) Barombong.

Djoko mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi membantu mendukung dan bekerjasama sehingga Poltekpel Barombong dapat mendirikan satu unit usaha baru yakni Manning Agency sebagai salah satu wujud kolaborasi.

Baca Juga:
Buka Rakornis, Kepala BPSDMP Ingatkan Pentingnya Kampus Harus Inovatif

"Kolaborasi dapat berhasil dengan adanya komunikasi yang baik, oleh karena itu saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut andil hingga berdirinya BMP Manning Agency ini," tuturnya di Makassar, Selasa (12/7/2022).

Menurutnya, kondisi SDM atau pekerja pelaut dalam trend kebutuhan industri pascapandemi saat ini. Untuk itu Perguruan Tinggi di lingkungan BPSDMP harus mengambil sikap dan langkah-langkah konkrit menyiapkan dan mencetak SDM transportasi sesuai dengan kebutuhan industri.

Baca Juga:
BPSDMP Dorong Kampusnya Tingkatkan Recovery Usai Pandemi

"Saat ini kita memasuki suatu tatanan yang mengharuskan untuk terus melangkah maju, dan BMT Manning Agency ini merupakan suatu langkah maju serta implementasi dari berbagai teori yang selama ini banyak dibahas," katanya.

Sebagai Perguruan Tinggi vokasi Poltekpel Barombong memiliki tanggung jawab terhadap link and match, sehingga diharuskan untuk mampu berkolabirasi bersama perusahaan-perusahaan pelayaran guna menyalurkan para lulusannya. 

Baca Juga:
Kepala BPSDMP: Taruna Harus Cekatan, Enerjik, Nyali, Inspiratif Inovatif, dan Lentur

Tak hanya itu, juga secara internal meningkatkan kualitas, selain dari kebutuhan secara kuantitas.

"Saya berharap Poltekpel Barombong menjadi penjuru dan dapat terus mengembangkan Manning Agency ini menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat di masa yang akan datang," imbuh dia.

Terlebih lagi dengan bonus demografi yang dimiliki Indonesia harus dijadikan sebagai peluang bukan menjadi beban, banyak anak-anak muda termasuk Taruna di lingkungan BPSDMP yang merupakan bagian dari bonus demografi tersebut. Mereka semua diharapkan akan mendapat manfaat dari BMT Manning Agency ini serta mampu mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Di akhir sambutannya, Kepala BPSDMP berharap Perguruan Tinggi di lingkungan BPSDMP lain juga memulai networking dan terus mengembangkannya.

"Saya berharap kepada UPT lain, semua matra baik darat, laut, maupun udara agar dapat melakukan penguatan seperti yang dilakukan Poltekpel Barombong, sehingga nanti Indonesia dapat berikan kontribusi yang riil," harapnya.

Direktur Poltekpel Barombong, Capt. Mochamad Abduh dalam laporannya menyampaikan bahwa pembentukan Manning Agency atau yang lebih dikenal dengan penyediaan tenaga awak dan anak buah kapal ini telah memerhatikan legal standing dan aspek lainnya, sementara proses pembentukannya sendiri telah melalui tahapan-tahapan yang dipersyaratkan dalam pembentukan Manning Agency.

“Semoga dengan adanya Manning Agency ini dapat memaksimalkan serapan lulusan Poltekpel Barombong pada industri pelayaran baik nasional maupun internasional," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Djoko melakukan peletakan batu pertama pembangunan Mess Perwira Poltekpel Barombong yang bekerjasama dengan Bank Tabungan Negara.

Pembangunan ini merupakan salah satu usaha optimalisasi asset yang dimiliki, mengingat lokasi yang sangat strategis. (omy)