Ini 20 Maskapai Terbaik Dunia 2022, Qatar Airways Peringkat Satu

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 15/Jul/2022 11:07 WIB
Kru kabin Qatar Airways berpose di dalam pesawat Airbus A350. Qatar Airways kembali menjadi maskapai terbaik dunia pada 2022 versi AirlineRatings.com.(SHUTTERSTOCK/M101STUDIO) Kru kabin Qatar Airways berpose di dalam pesawat Airbus A350. Qatar Airways kembali menjadi maskapai terbaik dunia pada 2022 versi AirlineRatings.com.(SHUTTERSTOCK/M101STUDIO)

Beritatrans.com - Lembaga pemeringkat produk dan keselamatan penerbangan yang berbasis di Australia, AirlineRatings.com, merilis daftar maskapai terbaik dunia.

Rilis pemeringkatan dilakukan di tengah situasi kacau industri penerbangan. Selama dua tahun pandemi Covid-19, kebanyakan maskapai mengalami penurunan drastis angka perjalanan dan pembatalan jadwal.

Baca Juga:
Qatar Airways Cargo Meningkatkan Pertumbuhan Jaringannya dengan Peningkatan Jadwal Musim Dingin untuk 2022

Posisi teratas masih ditempati oleh Qatar Airways yang selama dua tahun berturut-turut mempertahankan posisinya sebagai yang terbaik, menurut pemeringkatan ini.

Menurut AirlineRatings.com, komitmen maskapai untuk terbang selama setidaknya dua tahun terakhir adalah salah satu faktor penentu.

Baca Juga:
Qatar Airways Cargo berfokus pada Transformasi Digital

Dikutip dari CNN, tak hanya sebagai maskapai terbaik dunia, Qatar Airways juga menyabet penghargaan Excellence in Long Haul - Middle East/Africa (penerbangan Jarak Jauh Terbaik di Timur Tengah/Afrika) dan Best Business Class award (Penghargaan Kelas Bisnis Terbaik).

"Keputusan Qatar Airways tetap mengudara selama pandemi membuatnya bisa menjadi maskapai internasional terbesar di dunia dan membukukan keuntungan besar, satu-satunya maskapai yang melakukan itu," ujar pemimpin redaksi AirlineRatings.com, Geoffrey Thomas, kepada CNN.

Baca Juga:
Next Generation, Pelopor Bisnis Kargo Udara Generasi Berikutnya

Di bawah Qatar Airways ada Air New Zealand, maskapai yang sebelumnya menduduki puncak AirlineRatings.com sebanyak enam kali dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2021, maskapai asal Negeri Kiwi duduk di peringkat kedua.

Tahun ini, Air New Zealand diganjar oleh AirlineRatings.com sebagai maskapai dengan pilihan Kelas Ekonomi dan Ekonomi Premium Terbaik, serta Penerbangan Jarak Jauh Terbaik untuk kawasan Pasifik.

Secara lengkap, berikut urutan maskapai terbaik dunia 2022 menurut pemeringkatan AirlineRatings.com:

1. Qatar Airways

2. Air New Zealand

3. Etihad Airways

4. Korean Air

5. Singapore Airlines

6. Qantas

7. Virgin Australia

8. EVA Air

9. Turkish Airlines

10. All Nippon Airways

11. Cathay Pacific Airways

12. Virgin Atlantic

13. Japan Air Lines

14. JetBlue

15. Finnair

16. Emirates

17. Hawaiian

18. Air France/KLM

19. Alaska Airlines

20. British Airways 

Dikutip dari AirlineRatings.com, penghargaan maskapai terbaik ini disusun oleh para editor global yang berpengalaman di industri penerbangan.

Penilaian menggunakan metodologi berbasis nilai yang obyektif. Kriteria yang dinilai meliputi keselamatan dan produk, ulasan penumpang, usia armada, profitabilitas (keuntungan), dan komitmen terhadap lingkungan.

 

Pesawat Qatar Airways di Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar.

 

Terkait dengan hasil pemeringkatan ini, Group Chief Executive Officer Qatar Airways, Akbar Al Baker mengatakan bahwa memenangkan penghargaan tersebut adalah bentuk dukungan terhadap apa yang selama ini diperjuangkan oleh maskapainya, yakni berkomitmen penuh memberikan pengalaman terbaik bagi para pelanggannya.

"Tujuan kami adalah memberikan yang terbaik. Mendapatkan predikat maskapai terbaik tahun ini, maskapai terbaik di Timur Tengah, dan kelas bisnis terbaik menunjukkan bahwa kami terus memimpin industri penerbangan saat para penumpang kembali terbang," ujarnya, seperti dikutip AirlineRatings.com.

Untuk diketahui, Qatar Airways melakukan banyak hal perdana yang dilakukan maskapai, seperti menjadi maskapai pertama yang menyelesaikan audit keselamatan IOSA dari IATA (International Air Transport Association), serta menjadi yang pertama dan sepenuhnya diaudit dan mematuhi protokol Covid-19 oleh AirlineRatings dan Skytrax.

Selain itu, Qatar Airways juga menjadi maskapai pertama yang memberlakukan Covid Safe Travel Pass dari IATA.   (ny/Sumber:Kompas.com)