Kepala BPSDMP Lantik 251 Perwira Pelayaran Niaga Poltekpel Malahayati

  • Oleh : Naomy

Kamis, 21/Jul/2022 11:44 WIB
Kepala BPSDMP saat melantik Perwira Poltekpel Malahayati Kepala BPSDMP saat melantik Perwira Poltekpel Malahayati

ACEH (BeritaTrans.com) - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Djoko Setijowarno melantik 251 perwira pelayaran niaga lulusan diklat pembentukan dan peningkatan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati. 

Dalam sambutannya, Djoko menyampaikan bahwa pada saat ini kita sedang mengkampanyekan penerapan digitalisasi industri pada era 4.0 yang kita sadari bersama betapa tidak mudahnya merubah mindset konvensional menjadi mindset digital, serta harus menyiapkan diri menghadapi era society 5.0.

Baca Juga:
Buka Rakornis, Kepala BPSDMP Ingatkan Pentingnya Kampus Harus Inovatif

Di mana akan terjadi peralihan masive pada berbagai industri dan kebutuhan kemampuan bekerja. 

"Ciri khas revolusi ini adalah banyaknya tenaga manusia yang sudah digantikan oleh robot yang telah dikendalikan oleh komputer. Oleh karenanya diperlukan reformulasi proses pembelajaran baik di sekolah maupun di luar sekolah," ungkapnya Rabu (20/7/2022).

Baca Juga:
BPSDMP Dorong Kampusnya Tingkatkan Recovery Usai Pandemi

Menurutnya, pemanfaatan teknologi tidak bisa dihindari karena memang sudah zamannya. 

Dia mendorong seluruh perguruan tinggi di lingkungan BPSDMP senantiasa untuk terus up to date tentang perubahan agar mampu menyiapkan lulusan yang terbiasa berfikir kritis sehingga mampu mengembangkan kreatifitasnya. 

Baca Juga:
Kepala BPSDMP: Taruna Harus Cekatan, Enerjik, Nyali, Inspiratif Inovatif, dan Lentur

"Jangan buang waktu untuk mengerjakan sesuatu yang tidak penting, perkaya pengalaman dengan bekerja pada kapal-kapal yang berukuran lebih besar," tutur Djoko.

Dia mengungkapkan, situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia tentunya tidak akan menyurutkan semangat saudara untuk meningkatkan karir di dunia pelayaran, dalam keadaan ini terkadang justru menjadi peluang-peluang yang menjanjikan. 

"Oleh karena itu, tantangan ini perlu disikapi sebagai pemicu untuk menjadi lebih unggul, lebih cakap, berenergi, bernyali, tangguh, inovatif, serta lentur dalam memenangkan dan menaklukan tantangan di masa yang akan datang," lanjutnya.

Djoko menyampaikan, Malahayati menjadi nama kampus pelayaran pertama Kemenhub yang dibangun di pulau Sumatera, catatan sejarah menjadi bukti bahwa Aceh memiliki Laksamana Pelaut Wanita pejuang yang tangguh mengarungi samudera dengan semangat perjuangan yang tanpa gentar, Laksamana Malahayati dan sekolah ini menjadi kebanggaan Indonesia. 

"Jadilah role model, tebarkan selalu kebaikan, energi positif, berfikir positif, dan berbuat serta bertindak positif bagi lingkungan kerja pada dunia usaha industri pelayaran tempat mengabdi nantinya," tambah Djoko.

Selanjutnya, Sekretaris BPSDMP, Dr. Capt A Arif Priadi, yang juga turut hadir dalam pelantikan ini mengingatkan para lulusan agar nantinya membawa nilai-nilai Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas) yang telah didapat selama menjalani pendidikan di kampus Kemenhub kedalam dunia kerja.

Dalam kesempatan yang sama Direktur  Poltekpel Malahayati, 
Dr. Capt. Tri Cahyadi, melaporkan bahwa wisudawan yang dilantik pada hari ini berjumlah 251 orang yang merupakan para pelaut lulusan dari Diklat Pembentukan tingkat III dan IV.

Rinciannya lima orang lulusan Diklat Pembentukan III Nautika angkatan V, 9 orang lulusan Diklat Pembentukan III Nautika angkatan VI, 46 orang lulusan Diklat Pembentukan IV Nautika angkatan VI, 23 orang lulusan Diklat Pembentukan IV Teknika angkatan VI, 42 orang lulusan Diklat Pembentukan IV Nautika angkatan VII, 28 orang lulusan Diklat Pembentukan IV Teknika angkatan VII.

20 orang lulusan Diklat Peningkatan III Nautika, 20 orang lulusan Diklat Peningkatan III Teknika, 20 orang lulusan Diklat Peningkatan IV Nautika, 20 orang lulusan Diklat Peningkatan IV Teknika.

Selanjutnya 10 orang lulusan Diklat Peningkatan V Nautika dan 10 orang lulusan Diklat Peningkatan V Teknika. (omy)