Peringati Hari Pelaut Internasional di Karimun Jawa, BPSDMP Ajak Taruna Berlayar sambil Belajar

  • Oleh : Naomy

Senin, 25/Jul/2022 08:55 WIB
Peringatan Hari Pelaut Sedunia Peringatan Hari Pelaut Sedunia

KARIMUN JAWA (BeritaTrans.com) -  Memperingati Hari Pelaut Internasiona atau International Day Of The Seafarer tahun 2022, Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), ajak Taruna Perhubungan untuk Berlayar, Belajar dan Menebar Manfaat di Karimun Jawa, Ahad (24/7/2022). 

Kepala BPSDMP Djoko Sasono saat membuka kegiatan mengungkapkan, selama dua tahun pandemi Covid 19 seluruh masyarakat di Dunia hidup dengan kondisi penuh keprihatinan, salah satu yang terdampak adalah sektor wisata di Karimun Jawa.

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

"Oleh karena itu, maka tepatlah pada tema international day of the seafarer 2022 ini kita berbagi pada saudara kita dan pilihan untuk Karimun Jawa ini sebagai satu upaya kita untuk mendorong percepatan kembalinya serta pemulihan perekonomian, khususnya kegiatan yang berbasis pada kepariwisataan. Untuk itu, saya berharap kehadiran kami di Karimun Jawa ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat," ujarnya.

Kehadiran BPSDMP dalam memperingati Hari Pelaut Sedunia ini selain mengajak Taruna Perhubungan untuk Berlayar, Belajar dan Menebar Manfaat, juga diharapkam dapat menjadi penyemangat bagi putera puteri di Karimun Jawa untuk dapat ikut menjadi bagian dalam Pembagunan SDM yang unggul di sektor Transportasi.

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

"Saya sangat berharap, putera puteri Karimun Jawa bisa nantinya terlibat di dalam pembangunan SDM yang unggul di sektor Transportasi dengan bergabung menjadi Taruna di Sekolah Kementerian Perhubungan, sehingga akan membuat Karimun Jawa menjadi lebih baik lagi. Sekolah Kementerian Perhubungan sendiri ada dua program, yang pertama yaitu program pembibitan yang nantinya akan menjadi PNS dan juga ada program reguler yang diperuntukan nanti untuk membangun industri transportasi," tutur dia.

Di akhir sambutannya Djoko juga mengundang masyarakat untuk melihat lebih dekat dengan Sekolah Kementerian Perhubungan, dan mengajak untuk mengunjungi Kapal Latih yang ikut dalam kegiatan ini. 

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

"Kepada masyarakat, kami juga mengundang untuk bisa melihat lebih dekat keberadaan kami di sini, silahkan nanti ada yang mengunjungi kapal latih kami, kami membawa dua kapal latih, yang berlayar dari Tj Perak adalah KNL Bung Tomo dan yang berlayar dari Tj Priok adalah KNL MH Thamrin," bebernya.

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Capt. Sudiono selaku Ketua Penyelenggara dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini menjadi momentum untuk mengapresiasi jasa para pelaut dalam mendukung perekonomian dunia.

"Selain itu, kami mengajak Taruna berlayar bersama, belajar dan melayani masyarakat untuk mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelaut," katanya.

Ada beberapa rangkaian kegiatan, yaitu Padat Karya yang melibatkan masyarakat nelayan, Penanaman Mangrove, Bersih Pantai, Pelayanan Kesehatan Gratis, Penyuluhan Keselamatan Kepada Masyarakat Nelayan, Open Ship, Bantuan Sosial dan ditutup dengan Pelepasan Tukik.

Pada kegiatan ini BPSDMP membawa 173 Taruna yang terdiri dari Taruna STIP Jakarta, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Poltekpel Banten, Balai Besar Pendidikan, Penyegaran, dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta, Politeknik Transportasi Darat Indonesia STTD Bekasi, Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, dan Politeknik Penerbangan Surabaya.

"Para Taruna yang dilibatkan dalam kegiatan ini diberangkatkan dengan dua Kapal Latih yaitu Kapal Latih MH Thamrin STIP dan Kapal Latih Bung Tomo Poltekpel Surabaya," pungkas Capt. Sudiono. (omy)