Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 40 Isi Kekosongan Rute KM Arafah dan KM Elsadai di Pangkalan Babang

  • Oleh : Naomy

Rabu, 03/Agu/2022 14:21 WIB
Kapal Sabuk Nusantara 40 Kapal Sabuk Nusantara 40

 

MALUKU (BeritaTrans.com) -  Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menambah rute kapal perintis KM Sabuk Nusantara 40. Kapal tersebut kini melayani masyarakat pesisir Gane Barat, Halmahera Selatan, yang sebelumnya mengalami kekosongan rute mode transportasi laut.

Baca Juga:
Optimalisasi Angkutan Perintis Untuk Mobilisasi Peserta Sidang Sinode GKI XVIII Waropen

Hal itu dampak musibah terhadap Kapal KM Cahaya Arafah pada 18 Juli dan KM. Elsadai yang tenggelam dihantam ombak, saat berlabuh  di perairan Pelabuhan Sekli/Kurunga.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Babang, Rosihan Gamtjim mengatakan, hal ini dilakukan agar masyarakat dapat tetap terlayani. 

Baca Juga:
Ditjen Hubla Dukung Kelancaran Sidang Sinode di Papua dengan Kerahkan 9 Kapal Perintis di 7 Lokasi

Adapun keputusan ini tertuang dalam surat nomor: AL.015/5/18/DJPL/2022, pada 28 juli 2022 perihal Deviasi/Omisi KM Sabuk Nusantara 40 trayek R-65 telah menyetujui perubahan trayek perintis KM Sabuk Nusantara 40 untuk melayani daerah terisolir pesisir Gane dan Pesisir Timur Pulau Bacan.

"Kapal perintis KM Sabuk Nusantara 40 telah disetujui oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut melalui surat yang dilayangkan dengan nomor: AL.016/4/24/UPP.BBG-2022 tertanggal 27 juli 2022 dan saat ini kapal sudah mulai berlayar," ujarnya.

Baca Juga:
Kapal Tol Laut KM Kendhaga Nusantara 9 Angkut 60 Kontainer Sandar Perdana di Pelabuhan Babang

Dia mengungkapkan, perubahan trayek R-65 A dan B untuk mengisi kekosongan kapal langsung diusulkan usai asanya insiden tenggelamnya kapal pelayaran rakyat KM Cahaya Arafah dan KM Al-Sudais.

"Alhamdulillah melalui surat kami layangkan telah disetujui oleh Pusat," ungkapnya.

Berikut rayek R-65 rute A yaitu Babang – Bibinoi – Tomara – Pigaraja – Pasipalele – Dowora – Gane dalam – Sekeli/Kurunga – Gane dalam – Dowora – Pasipalele – Pigaraja – Tomara – Bibinoi – Babang.

Sementara untuk Trayek R-65 rute B adalah Babang – Saketa – Dolik – Samo – Lifofa – Maidi – Makian – Moti – Gita – Ternate – Gita – Moti – Makian – Maidi – Lifofa – Samo – Dolik – Saketa – Babang. (omy)