Panas! 68 Jet Tempur dan 13 Kapal Perang China Langgar Garis Wilayah Taiwan

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 06/Agu/2022 06:58 WIB
Jet tempur China. Total 68 jet tempur China dan 13 kapal perang China terabas wilayah Taiwan. (AFP/HECTOR RETAMAL) Jet tempur China. Total 68 jet tempur China dan 13 kapal perang China terabas wilayah Taiwan. (AFP/HECTOR RETAMAL)

TAIPEI (BeritaTrans.com) - Militer Taiwan melaporkan sejumlah jet tempur dan kapal perang China kembali melanggar 'garis median' yang membagi perairan sensitif di Selat Taiwan. 

Pelanggaran ini terjadi saat China menggelar latihan militer besar-besaran di perairan sekeliling Taiwan sejak Kamis (4/8) waktu setempat.

Baca Juga:
Jet Tempur F-15 EX Buatan AS Perkuat Pertahanan Udara Indonesia

Seperti dilansir AFP, Jumat (5/8/2022), Taiwan menyebut latihan militer China yang akan digelar hingga Minggu (7/8) mendatang itu 'sangat provokatif'. China menggelar latihan militer itu untuk merespons kunjungan kontroversial Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan beberapa hari lalu.

"Pukul 11.00 waktu setempat, beberapa kelompok pesawat tempur dan kapal perang China melakukan latihan di sekitar Selat Taiwan dan melintasi garis median di selat itu," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Taiwan pada Jumat (5/8) waktu setempat.

Baca Juga:
Gaharnya Jet Tempur Rafale yang Baru Diborong Menhan Prabowo

"Latihan militer ini, baik peluncuran sejumlah rudal balistik atau aksi melintasi garis median selat itu secara sengaja, merupakan tindakan yang sangat provokatif," tegas pernyataan itu.

Garis median Selat Taiwan merupakan garis perbatasan tidak resmi yang membentang di tengah-tengah perairan sensitif Selat Taiwan, yang memisahkan Taiwan dan China. Tergolong langka bagi jet tempur dan kapal perang, baik dari China maupun Taiwan, untuk melintasi garis median tersebut.

Baca Juga:
Eropa Makin Panas, Jet Tempur Rusia Cegat Jet Inggris

Meskipun aksi penyusupan oleh China lebih sering terjadi setelah Beijing pada tahun 2020 menetapkan garis perbatasan tak resmi itu tidak lagi ada.

Melintasi garis median itu tergolong sensitif karena Selat Taiwan itu sempit, hanya selebar 130 kilometer pada titik tersempitnya, dan aksi penyusupan berisiko memicu insiden militer.

Kementerian Pertahanan Taiwan sebelumnya melaporkan 22 jet tempur China mengudara hingga melanggar garis median Selat Taiwan. Sejumlah jet tempur Taiwan harus dikerahkan untuk memperingatkan jet-jet tempur China itu.

Seperti dilansir Reuters, nyaris dua lusin jet tempur yang terdeteksi terbang melintasi garis median Selat Taiwan itu merupakan bagian dari 27 pesawat militer China yang sebelumnya dilaporkan menyusup ke zona identifikasi pertahanan udara atau ADIZ Taiwan sepanjang Rabu (3/8) waktu setempat.

Secara total, dari 49 penyusupan militer China ke zona pertahanan Taiwan yang dilaporkan pada Rabu (3/8) dan Kamis (4/8), sebanyak 44 penyusupan di antaranya melibatkan aktivitas melintasi garis median Selat Taiwan.(fhm/sumber:detik)