Lulusan BP3IP Jakarta Siap Berkontribusi Wujudkan Pelayaran Ramah Lingkungan

  • Oleh : Naomy

Rabu, 10/Agu/2022 20:44 WIB
Pelantikan wisudawan BP3IP Jakarta Pelantikan wisudawan BP3IP Jakarta

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta melantik 62 orang sebagai Ahli Nautika Tingkat I dan Ahli Teknika Tingkat I. 

Pelantikan perwira transportasi pelayaran ke-61 ini digelar di Jakarta, Rabu (10/8/2022) dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Baca Juga:
Yes, 68 Lulusan Diwisuda Perdana di Poltekbang Jayapura, Torang Bisa! Torang Basodara!

Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan (BPSDMP), Dr Djoko Sasono selaku inspektur upacara menyampaikan harapannya kepada para Wisudawan agar mampu menjadi pribadi-pribadi yang unggul.

"Memiliki kompetensi sesuai dengan yang telah disyaratkan dalam IMO dan STCW, sikap profesional dan memiliki mental tangguh untuk dapat memimpin di atas kapal," urainya.

Baca Juga:
BPSDMP Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Poltekpel Malahayati Aceh

Keberhasilan yang dicapai, hendaknya jangan membuat cepat berpuas diri. Walaupun sudah mencapai tingkat tertinggi jangan pernah berhenti dalam mengembangkan diri, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung pembangunan maritim.

Selanjutnya dapat menjadikannya sebagai motor pendorong semangat juang dalam menghadapi tantangan tugas kedepan yang semakin berat dalam era persaingan global di bidang maritim.

Baca Juga:
Buka Rakornis, Kepala BPSDMP Ingatkan Pentingnya Kampus Harus Inovatif

Mengusung tema "Strengthening The Commitment of Seafarers to Protect and Preserve The Marine Environment AS The Adoption of Marpol Convention", dia menekankan pentingnya kontribusi dari para pelaut khususnya para Alumni Program DP-I untuk dapat mensukseskan salah satu konvensi pilar di dunia maritim yaitu Konvensi Internasional untuk Pencegahan Polusi dari Kapal (Marpol).

"Melalui tema yang diusung dalam wisuda kali ini, para Wisudawan diharapkan dapat melakukan pencegahan pencemaran lingkungan laut oleh kapal dari penyebab operasional atau kecelakaan, merupakan salah satu program yang saat ini sedang digalakkan di seluruh dunia, hal ini juga sejalan dengan Agenda PBB dalam Pembangunan Berkelanjutan dan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)," paparnya.

Direktur BP3IP Jakarta, Dr Ahmad melaporkan, wisudawan yang dilantik terdiri dari 35 lulusan program Diklat Pelaut Tingkat I Keahlian Nautika dan 27 wisudawan Diklat Pelaut Tingkat I Keahlian Teknika.

"Para peserta Bon Voyage yang telah memeroleh sertifikat ahli Nautika tingkat - I diberikan predikat kepelautan Master Mariner dan untuk sertifikat ahli Teknika tingkat - I diberikan predikat kepelautan Master Mariner Engineer," jelasnya.

Menambahkan hal tersebut di atas, Sekretaris BPSDMP, Dr. Capt. A. Arif Priadi, yang turut hadir pada kegiatan itu juga berpesan agar para wisudawan terus dapat berkontribusi menciptakan SDM Transportasi Laut yang memiliki nilai-nilai PRESTASI (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas).

"Saya berharap para wisudawan terus menjaga nilai-nilai Prestasi seperti yang telah didapat selama menjalani pendidikan dan pelatihan di kampus," katanya. (omy)