Seluruh Penumpang Pesawat Lion Air Rayakan HUT RI di Ketinggian 30.000 Kaki

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 18/Agu/2022 08:25 WIB
Foto: Lion Air Foto: Lion Air

Jakarta (BeritaTrans.com) - Lion Air Group merayakan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan ke-77 RI di ketinggian rata-rata 30.000 kaki pada Rabu (17/ 8/2022). Seperti apa perayaannya?

Penerbangan Lion Air diawali nomor terbang JT-710 rute tujuan Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak di Kubu Raya, Kalimantan Barat (PNK) dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK).

Pada ketinggian 32.000 kaki saat tanda kenakan sabuk pengaman dimatikan (seat belt off), awak kabin membagikan bendera berukuran kecil kepada seluruh penumpang.

Pimpinan awak kabin mengumumkan acara peringatan 77 Tahun Kemerdekaan RI di dalam kabin pesawat. Kemudian, pimpinan awak kabin membacakan teks Proklamasi, kemudian diikuti oleh para penumpang seluruh penumpang mengikuti secara khidmat.

Dilanjutkan dengan awak kabin berjalan dari lorong kabin belakang membawa bendera Merah Putih. Berada di lorong kabin bagian depan, 2 (dua) awak kabin Bendera Merah Putih dibentangkan. Dan, bersama-sama menyanyikan lagu Hari Merdeka (17 Agustus 1945).

Baca Juga:
Lion Air Layani Rute Lombok - Makassar Mulai 27 Maret


Awak kabin membentangkan bendera Merah Putih di di ketinggian rata-rata 30.000 kaki pada Rabu (17/ 8/2022). Foto: Lion Air


Lion Air sengaja memilih rute Jakarta - Pontianak ini untuk sekaligus mengenang momen bersejarah penerbangan Lion Air pada 22 tahun lalu.

Usai itu, lima awak kabin yang tergabung dalam Lion Voice (komunitas pramugari - pramugara khusus musik dan lagu) unjuk penampilan lagu, bertemakan kemerdekaan yakni, Indonesia Pusaka, Tanah Airku, Satu Nusa Satu Bangsa, Berkibarlah Bendera Negeriku dan Rayuan Pulau Kelapa

"Lion Air menggelar live perform and songs oleh awak kabin di dalam pesawat di atas ketinggian 32.000 kaki bertujuan untuk memberikan inspirasi bagi pemuda-pemudi dapat terus berkarya, turut mempopularkan lagu-lagu nuansa semangat kemerdekaan dan ketiga sebagai salah satu upaya untuk memberikan apresiasi musisi muda berbakat, terutama bagi yang berprofesi sebagai awak kabin di Lion Air Group," ujar Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro.

Pada penerbangan tersebut, dibagikan doorprize dengan kriteria pakaian yang digunakan (outfit of the day) dan paling semangat bernyanyi. Penerbangan Lion Air Group khusus (17/ 08) berkonsep sentuhan kemerdekaan melalui pengumuman langsung (live announcement) yang disampaikan oleh pimpinan awak kabin (senior flight attendant) dan pilot.

"Upaya Lion Air Group pada momentum ini sejalan dengan meningkatkan layanan sehingga pengalaman penerbangan bagi para penumpang semakin menyenangkan serta mengajak (persuasif) bersama-sama sesuai tema besar "Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat". Harapan mendatang, semua pihak termasuk sektor transportasi udara dapat mengalami pemulihan dan maju bersama Bangsa Indonesia," ujar Danang.

Baca Juga:
Pesawat Lion Air Surabaya-Jeddah Berputar-putar di Langit Binjai, Ternyata ini Penyebabnya


Live announcement oleh awak kabin Foto: Lion Air

Live announcement yang disampaikan oleh awak pesawat dijalankan pada 77 frekuensi penerbangan dengan keberangkatan (waktu lepas landas pukul 09.00 - 10.00) yang beroperasi masih berada/ berdurasi/ memasuki waktu pukul 10.10 waktu setempat.
(ny/Sumber:detik.travel.com)
 

Baca Juga:
Lion Air Resmi Terbangi Langit Ternate - Jakarta