Karyawan Kereta Api Inggris Mogok Besar-besaran, Layanan Lumpuh

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 19/Agu/2022 20:05 WIB
Stasiun KA di London ditutup saat aksi mogok massal karyawan kereta api pada Juni lalu. (Foto: Reuters) Stasiun KA di London ditutup saat aksi mogok massal karyawan kereta api pada Juni lalu. (Foto: Reuters)

LONDON (BeritaTrans.com) - Lebih dari 50.000 karyawan yang tergabung Serikat Nasional Kereta Api, Maritim, dan Transportasi Inggris (RMT) menggelar aksi mogok pada Kamis (18/8/2022). 

Mereka memprotes pemutusan hubungan kerja (PHK), serta upah yang rendah di tengah rekor inflasi. 

Baca Juga:
Karyawan Mogok Kerja, Operasi Kereta AS Terancam Lumpuh

Pada saat yang sama, mereka menuntut perbaikan kondisi kerja dari perusahaan pemberi kerja.

“Lebih dari 50.000 pekerja di seluruh Network Rail, London Overground, London Underground dan 14 perusahaan operator kereta lainnya akan mogok minggu ini menyusul tidak ada terobosan dalam pembicaraan apa pun,” ungkap RMT dalam sebuah pernyataan, hari ini.

Baca Juga:
Karyawan Pria Kereta Api di Jerman Kini Boleh Kenakan Rok

Menurut rencana, para pekerja jaringan perkeretaapian dijadwalkan untuk mengadakan protes pada Kamis ini dan Sabtu (20/8/2022). Sementara anggota serikat pekerja kereta api bawah tanah dan atas tanah London merencanakan pemogokan pada Jumat (19/8/2022).
 
Selain itu, dua serikat pekerja lainnya, Serikat Staf Transportasi (TSSA) dan Unite juga akan bergabung dalam aksi mogok. Menurut Sky News, aksi protes massal oleh para pekerja itu diperkirakan bakal menghentikan sekitar 80 persen layanan kereta api di seluruh Inggris.

Inggris menghadapi gelombang pemogokan dalam beberapa bulan terakhir karena rekor inflasi di negara itu. Secara khusus, inflasi tahunan di Inggris naik ke level tertinggi dalam 40 tahun terakhir. Kantor Statistik Nasional Inggris mengungkapkan, inflasi tahunan di negeri itu mencapai 10,1 persen pada Juli, naik dari 9,4 persen pada Juni.(fh/sumber:voa)

Baca Juga:
Kebakaran di Lengkungan Rel Kereta, 10 Mobil Pemadam Dikerahkan