BPTJ Gelar Bimtek Tata Cara Pengereman Kendaraan Angkutan Berat

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 20/Agu/2022 12:10 WIB
Bimtek BPTJ Bimtek BPTJ

LIDO (BeritaTrans.com) - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Cara Pengereman Kendaraan Angkutan Berat (Barang dan Penumpang) di Lido, Kabupaten Bogor, 18-19 Agustus 2022.

Bimtek diikuti 18 peserta dari berbagai perusahaan operator angkutan barang dan penumpang di Jabodetabek. 

Baca Juga:
KNKT: Penyebab Kecelakaan di Tol KM 58, Pengemudi Travel Tidak Resmi Bekerja Over Time

Ini merupakan kegiatan yang ke-3 kalinya diselenggarakan oleh BPTJ, di mana sebelumnya pada tahun 2021 BPTJ telah menggelar dua kali kegiatan yang sama. 

Direktur Angkutan BPTJ Tatan Rustandi menyebutkan, Bimtek ini merupakan langkah kongkret BPTJ dalam mengimplementasikan amanat Perpres No 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ) khususnya penjabaran dari Pilar I yaitu kebijakan Peningkatan Keselamatan dan Keamanan Transportasi Perkotaan. 

Baca Juga:
Antisipasi Kemacetan Arus Mudik di Jalur Selatan, KNKT Sinergi dengan Ditjen Hubdat dan Polres Garut

Sekaligus kegiatan ini juga merupakan upaya nyata Pemerintah dalam memberikan pembinaan tentang bagaimana mewujudkan keselamatan (jalan) dan mengelola risiko kecelakaan sebagaimana termuat pada Peraturan Pemerintah No 37 Tahun 2017 tentang Keselamatan LLAJ. 

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, BPTJ melibatkan dukungan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), MIROS (Malaysia Institute of Road Safety Research) serta KyFu sebuah kelembagaan konsultan di bidang manajemen keselamatan berkendara, peningkatan kompetensi pengemudi dan pelatihan tanggap darurat kecelakaan lalu-lintas.

Baca Juga:
BPTJ Gelar Rapat Persiapan Operasi Angleb 2024 di Wilayah Jabodetabek

“Bimtek ini bermanfaat bagi awak kendaraan untuk memberikan pemahamanan tentang bagaimana cara melakukan pengereman yang berkeselamatan pada kendaraan angkutan berat baik untuk barang maupun penumpang,” jelas Tatan, Sabtu (20/8/2022). 

Menurutnya, seringkali terjadi kecelakaan  lalu lintas jalan yang disertai fatalitas disebabkan karena ketidakmampuan pengemudi angkutan barang dan penumpang dalam melakukan prosedur pengereman yang benar pada kendaraannya.

“Kondisi ini menyebabkan risiko kecelakaan menjadi besar terutama ketika menghadapi medan jalan yang menurun atau menanjak,” kata dia.

Data Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebutkan, dari hasil investigasi kasus 58 kecelakaan jalan yang dilakukan pada tahun 2017 – 2021, diketahui penyebab kecelakaan tertinggi adalah faktor manusia sebanyak 37 kecelakaan, menyusul faktor sarana (kendaraan) sebanyak 20 kecelakaan dan faktor prasarana sebanyak satu kasus kecelakaan. 

Ahmad Wildan, investigator senior KNKT yang juga menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan ini secara khusus menyebutkan investigasi KNKT terhadap kecelakaan jalan sering menemukan penyebab kecelakaan dengan pola yang sama yaitu kesalahan pengemudi melakukan prosedur pengereman di jalan menurun. 

Selain itu juga sering ditemui kondisi sub standard pada sistem rem kendaraan sehingga saat terjadi kesalahan prosedur pengereman akan mempercepat terjadinya kegagalan pengereman.

Oleh karena itu Tatan menegaskan bahwa dalam konteks penyelenggaraan angkutan umum baik penumpang maupun barang BPTJ dengan dukungan KNKT selalu mendorong pengemudi angkutan umum dan operator angkutan umum untuk memenuhi standar keselamatan dengan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan (SMK) Perusahaan Angkutan Umum. 

Salah satu upaya untuk merealisasikan hal tersebut, lanjutnya, adalah dengan peningkatan kapasitas SDM transportasi dan pengguna jalan yang berkeselamatan berupa pelaksanaan bimbingan teknis berkendara yang berkeselamatan untuk pengemudi angkutan umum.
Teori dan Praktik
untuk menjamin peserta benar-benar dapat menguasai dan menerapkan pengetahuan yang didapat pada praktik kerja sehari hari.

Bimtek dilakukan baik melalui penyampaian materi secara teori maupun praktik langsung di lapangan. 

Materi teori diberikan pada hari pertama meliputi Tata Cara Mengemudi yang Berkeselamatan kemudian dilanjutkan dengan Teori Pengereman serta ditutup dengan materi tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. 

Pada hari kedua satu per satu peserta diberikan kesempatan berpraktik langsung mengemudikan truk tiga sumbu dengan beban kurang lebih 23 ton.

"Dalam kesempatan itu sekaligus mempraktikkan tata cara inspeksi kendaraan serta pengereman yang benar pada kontur jalan menurun.

“Dengan pendekatan seperti ini, pelatihan yang dilakukan BPTJ diharapkan dapat memutus hazard penyebab kegagalan pengereman pada angkutan truk dan bus,” jelas Wildan. 

Hal ini, karena para peserta mendapatkan pengetahuan sekaligus ketrampilan tentang bagaimana melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum beroperasi untuk memastikan kondisi kendaraan sesuai standar teknisnya termasuk pada sistem pengereman. 

Selanjutnya peserta juga mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan melaksanakan prosedur mengemudi di jalan menurun.

Ade Mulyadi seorang pengemudi perusahaan bus yang menjadi salah satu peserta bimbingan teknis menyebutkan bahwa dirinya sangat terbantu karena sebelumnya sama sekali belum pernah mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan pengereman seperti yang diajarkan.

Sementara Ahmad Amirudin yang kesehariannya adalah pengemudi kendaraan angkutan barang menyebutkan meskipun dirinya sebelumnya pernah mengikuti berbagai pelatihan tentang keselamatan, namun belum pernah mendapatkan materi seperti dalam penyelenggaran Bintek kali ini. 

“Dengan adanya bimbingan teknis ini diharapkan peserta nantinya akan mampu menjadi agen perubahan di perusahaan masing masing dengan cara menyebarluaskan ilmu dan ketrampilan yang diperoleh, sehingga berdampak pada berkurangnya accident di jalan,“kata Tatan. 

Untuk itu mengucapkan terima kasih kepada 18 perusahaan operator angkutan swasta/BUMN/BUMD di Jabodetabek yang telah bersedia mengirimkan awak kendaraan pada bimbingan pelatihan tersebut. (omy)