Sopiri Bus Sempati Star Bakasi-Medan, Adi Tetap Perlente Selama 3 Hari di Jalan, Begini Aksinya!

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 25/Agu/2022 13:29 WIB
Adi, pengemudi bus Sempati Star yang akan berangkat dari Terminal Bekasi menuju Medan, Kamis (25/8/2022). Adi, pengemudi bus Sempati Star yang akan berangkat dari Terminal Bekasi menuju Medan, Kamis (25/8/2022).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Menghabiskan waktu selama berhari-hari, itulah yang dilakukan kru bus antarkota antarpropinsi (AKAP) Medan-Jakarta. Menginap di terminal dan tidur di kursi bus biasa dilakukan sopir dan kenek bus PO Simpati Star saat berjalan ke arah Bekasi.

Seperti yang dilakukan Adi Pinem. Di Terminal Induk Kota Bekasi, Jawa Barat pada Kamis (25/8/2022), dia sudah siap di depan bus dangan seragam hitam putih lengkap dengan sepatu pantofel dan topi.

Baca Juga:
Lika-Liku Perjalanan Bus ALS Bekasi ke Medan, Lalui Lintas Tengah Sumatra Berhari-Hari

Dia bersama kru lainnya akan memberangkatkan sejumlah penumpang bus ke arah Medan, Sumatera Utara.

Dia mengungkapkan bus yang dia kendarai baru tiba dari Medan dan menginap sehari di terminal yang ada di Jakarta. "Kemarin sehari aja kok nginap," ujar Adi saat bincang kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id Kamis (25/8/2022) siang.

Baca Juga:
Mbak Wiwit Sopir Bus PO MTI, Baru Kerja 5 Hari Gajinya Fantastis

Menginap di bus sudah biasa di lakukan, bukan hanya saat di terminal tujuan, tetapi juga saat di gudang atau pool bus. Semua peralatan pakaian kerja dan pakaian sehari-hari selalu ikut dalam perjalanan.

Bersiap menempuh perjalanan panjang hingga Medan, sopir dan kru bus PO Sempati Star ini sudah siap dengan seragamnya yang rapi terlihat perlente, mulai dari keberangkatan di Terminal Bekasi.

Baca Juga:
Sopir Bus Mudik Gratis dari Jakarta Meninggal di Terminal Tirtonadi Solo

Seragam kru bus Sempati Star harus dikenakan mereka selama menjalani trayek jauh selama dua hari dua malam atau hingga sampai melayani penumpang sampai tujuan.

Sewaktu membawa bus di perjalanan Adi merupakan pengemudi nomor dua di bus, dia akan bergantian bersama Rizal yang merupakan driver utama atau kapten dalam perjalanan.

Perjalanan darat dari Bekasi-Medan menggunakan bus membutuhkan waktu yang panjang. Kru akan menghabiskan waktu lebih dari dua hari dan secara bergantian akan menjalankan bus. 

Penghasilan sebagai sopir hanya berharap dari perjalanan bus saat membawa penumpang. Jika penumpang ramai, pendapatan kru bus juga lumayan. Jika penumpang sedikit, uang hasil dari jumlah penumpang hanya mencukupi uang operasional saja, seperti bahan bakar, biaya tol, penyeberangan dan biaya lainnya.

Tarif bus Jakarta (Jabodetabek) - Medan ialah Rp700. Tersedia berbagai fasilitas termasuk toilet, tv entertaiment dan selimut.

Untuk diketahui, keberangkatan bus dari arah Jakarta menuju Medan saat ini hanya tersedia satu bus. Jumlah bus akan ditambah jika jumlah permintaan penumpang meningkat seperti pada hari besar.(fhm)