Mantap! Taruna/I Kemenhub Raih 107 Medali di Ajang Olimpiade Perguruan Tinggi 2022

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 27/Agu/2022 16:09 WIB
Taruna BPSDMP saat terima hadiah Taruna BPSDMP saat terima hadiah


 
JAKARTA (BeritaTrans.com) - Mantap! Taruna/i Kementerian Perhubungan berhasil meraih 107 medali di ajang Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) ke-13 Tahun 2022. 

Olimpiade ini diselenggarakan selama lima hari pada 22-26 Agustus 2022 secara tatap muka di Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. 

Baca Juga:
Bahas Optimalisasi Pemanfaatan Aset dan Kampus Berstandar Global, BPSDMP Gelar Rakornis

Dari olimpiade tersebut, taruna/i Kementerian Perhubungan berhasil membawa pulang 107 medali yang terdiri dari 33 medali emas, 27 medali perak dan 47 medali perunggu.

Perolehan medali terbanyak diraih Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD), dengan terdiri dari 11 Medali Emas, sembilan Medali Perak dan 13 Medali Perunggu. 

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Workshop Peningkatan Kemampuan Digital Marketing

Dari perolehan jumlah medali tersebut, PTDI-STTD berhasil menjadi Juara Umum pada OPTK ke-13 Tahun 2022.
 
OPTK merupakan kegiatan perlombaan rutin antar Perguruan Tinggi Kedinasan yang diselenggarakan setiap tahun dengan tuan rumah yang berbeda, dengan tujuan mempererat persahabatan, meningkatkan sportifitas, serta meningkatkan semangat kekeluargaan antartaruna/i dan mahasiswa perguruan tinggi kedinasan di Indonesia.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Dr. Djoko Sasono mengapresiasi dan menyampaikan rasa bangganya kepada para Taruna/i atas capaiannya di Olimpiade. 

Baca Juga:
Siapkan Pengemudi Angkutan Umum Andal, BPSDM Kemenhub Kerja Sama dengan Dishub DKI Jakarta

“Selamat kepada para Taruna/i yang telah berhasil di ajang olimpiade ini. Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa dan membanggakan, karena para Taruna/i tidak hanya berprestasi di bidang akademik, tetapi juga non akademik," tuturnya, Sabtu (27/8/2022).

Dia menyampaikan BPSDM Perhubungan terus mendukung para taruna/i untuk terus berprestasi tidak hanya dalam hal akademis, namun juga prestasi-prestasi di berbagai bidang lainnya sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi dirinya sendiri dan bermanfaat kelak dalam dunia kerja.

“Saya yakin para taruna/i memiliki semangat yang tinggi dan bakat yang luar biasa di luar kompetensi teknis pada program studinya. Untuk itu, Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan turut mendukung dengan memfasilitasi para taruna/i untuk terus berlatih dan meningkatkan skill sesuai dengan bakat dan minatnya," kata dia.

Selain itu dengan adanya olimpiade ini, dapat dijadikan sebagai event untuk membangun karakter kebersamaan, team work dalam persaudaraan sesama taruna/i dan mahasiswa antarPerguruan Tinggi Kedinasan.

“Dari OPTK ini saya berharap kepada para taruna/i tidak hanya mendapatkan gelar juara, tapi yang utama yaitu mempererat tali persahabatan dan persaudaraan antar PTK se-Indonesia untuk bersama-sama mencapai prestasi," pesannya.

OPTK kali ini diikuti oleh 42 Perguruan Tinggi Kedinasan se-Indonesia, dengan mempertandingkan 15 cabang olah raga, yaitu Basket, Futsal, Sepak Bola, Voli, Atletik, Renang, Karate, Silat, Taekwondo, Badminton, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Catur, serta olah raga E-Sport Mobile Legend dan PUBG. 

Sekretaris BPSDM Perhubungan, Dr. Capt. A. Arif Priadi juga mengungkapkan apresiasi kepada Forum Mahasiswa Kedinasan Indonesia (FMKI) yang menginisiasi kegiatan positif ini, sehingga mahasiwa dapat terus berkarya, berprestasi, dan berinovasi. 

Khusus untuk taruna/i BPSDMP, menurutnya bagian dari ajang mewujudkan prestasi sesuai nilai-nilai Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global, dan Integritas).

“Saya berharap dengan adanya ajang ini akan dapat memotivasi para taruna/i dalam mengasah bakat dan talenta. Dalam ajang ini juga taruna/i didorong untuk belajar, berpikir, berlatih dan berhitung," ungkapnya.

Berikut daftar medali yang diperoleh Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan:

Medali Emas (Juara I)

11 Medali diraih PTDI-STTD Bekasi, empat Medali diraih PPI Curug, tiga Medali diraih Poltekbang Medan, tiga Medali diraih PKTJ Tegal, tiga Medali diraih PPI Madiun, dua Medali diraih Poltekpel Sulawesi Utara, dua Medali diraih Poltekpel Sumatera Barat, dua Medali diraih PIP Semarang, satu Medali diraih Poltekpel Malahayati Aceh, dan satu Medali diraih Poltekbang Surabaya

Medali Perak (Juara II)

Sembilan Medali diraih PTDI-STTD Bekasi, dua Medali diraih PPI Curug, tiga Medali diraih Poltekbang Medan, tiga Medali diraih PKTJ Tegal, tiga Medali diraih Poltekbang Palembang, dua Medali diraih PPI Madiun, dua
Medali diraih PIP Makassar, satu Medali diraih Poltekpel Malahayati Aceh, satu Medali diraih Poltekpel Surabaya, satu Medali diraih Poltekbang Makassar

Medali Perunggu (Juara III)

13 Medali diraih PTDI-STTD Bekasi, sembilan Medali diraih PIP Semarang, enam Medali diraih PPI Curug, enam Medali diraih PPI Madiun, tiga Medali diraih Poltekpel Surabaya, dua Medali diraih Poltekbang Surabaya, dua Medali diraih PIP Makassar, dua Medali diraih Poltekpel Banten, satu Medali diraih Poltekbang Medan, satu Medali diraih Sulawesi Utara, satu Medali diraih Poltekpel Sumatera Barat, dan satu Medali diraih Poltekbang Palembang. (omy)