Kapal Internasional Diminta ikut Cari Enam Nelayan NTT yang Hilang

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 04/Sep/2022 07:22 WIB
Pencarian nelayan NTT yang hilang diantara perairan Indonesia dan Timor Leste. Pencarian nelayan NTT yang hilang diantara perairan Indonesia dan Timor Leste.

KUPANG (BeritaTrans.com) - Kantor Pusat Basarnas meminta bantuan kapal-kapal Internasional yang melewati perairan Laut Sawu, tepatnya antara perairan Naikliu dan Oepoli Kabupaten Kupang untuk mencari enam nelayan NTT yang hilang sejak Senin (29/8) lalu.

“Kami juga dibantu oleh Basarnas Pusat untuk melaksanakan E Broadcast ke kapal-kapal Internasional yang melewati area tersebut. Kalau menemukan ada kapal dan nelayan yang terdampar mohon diberikan bantuan,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kelas A Kupang, I Putu Sudayana di Kupang, Sabtu (3/9/2022).

Baca Juga:
Besok Puncak Arus Penyeberangan Jelang Tahun Baru di Lintas Ketapang-Gilimanuk

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan perkembangan pencarian enam nelayan asal Timor Tengah Utara (TTU), NTT yang dilaporkan hilang di perairan Laut Sawu, tepatnya diantara perairan Naikliu dan Oepoli yang berbatasan dengan Timor Leste.

Para korban hilang kontak saat berlayar dari Dermaga Bolok Kupang dengan tujuan Pelabuhan Wini, Kabupaten Timor Tengah Utara perbatasan Indonesia-Timor Leste sejak Senin (29/8) lalu.

Baca Juga:
Kapal Tenggelam di Buton Tengah Tewaskan 15 Orang, `Keselamatan Perairan Enggak Dipikirkan`

Putu menambahkan selain dibantu oleh Basarnas Pusat, SAR Kupang juga sudah membuat maklumat pelayaran ke stasiun radio pantai (SROP) yang disebar ke kapal-kapal yang melewati jalur pelayaran tersebut jika menemukan bisa memberikan bantuan serta melaporkan ke instansi terkait.

Di samping itu guna mengantisipasi kapal nelayan itu terbawa arus sampai ke perairan Timor Leste, SAR Kupang surah berkoordinasi dengan Police Marine Timor Leste dan KJRI di Timor Leste, untuk memberikan bantuan jika mendapatkan kapal dan nelayan-nelayan itu masuk ke wilayah negara tersebut.

Baca Juga:
Basarnas Kendari Evakuasi 11 Penumpang Kapal Bocor Tangki BBM di Buton Utara

Terkait kendala yang dihadapi di lapangan, ujar dia, selama proses pencarian tak ada sama sekali kendala yang ditemukan. Hanya saja ujar dia semua usaha sudah dilakukan dengan maksimal tetapi belum menemui hasil hingga saat ini.

Cuaca juga tambah dia, teduh dan arah angin dan arus gelombang cenderung mengarah ke darat sesuai aplikasi Sarmap yang ada.

Berikut nama enam nelayan yang dilaporkan hilang dan masih dicari hingga saat ini;

1. Nama : Philipus Tumbas
Umur : 57 thn
JK. : Laki - Laki
Alamat: Kefamenanu Km 7 Sasi

2. Nama : Nando Sakunab
Umur : 20 thn
JK. : Laki - Laki
Alamat: Kefamenanu Km 7 Sasi

3. Nama : Regi Eko
Umur : 29 thn
JK. : Laki - Laki
Alamat: Kefamenanu Km 7 Sasi

4. Nama : Beny Bana
Umur : 37 thn
JK. : Laki - Laki
Alamat: Kefamenanu Km 7 Sasi

5. Nama : Oni Kase
Umur : 27 thn
JK. : Laki - Laki
Alamat: Kefamenanu Km 7 Sasi

6. Nama : Andi
Umur : 54 thn
JK. : Laki - Laki
Alamat: Kefamenanu Km 7 Sasi

(fhm/sumber:antara)