Perkuat Kerja Sama Pertahanan, 6 Pesawat AU Prancis Berkunjung ke RI

  • Oleh : Redaksi

Senin, 12/Sep/2022 19:33 WIB
Enam pesawat milik Angkatan Udara Prancis (FASF - Frenc Air and Space Force) tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, sejak Ahad (11/9/2022). Enam pesawat milik Angkatan Udara Prancis (FASF - Frenc Air and Space Force) tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, sejak Ahad (11/9/2022).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jet tempur Prancis wara-wiri di langit RI, Senin (12/9/2022). Pesawat itu terdiri dari tiga pesawat tempur Dassault Rafale, satu pesawat Angkut A-400M, dan dua pesawat Airbus A330 MRTT.

Namun penerbangan pesawat ini sendiri bukan tanpa izin. Ini terkait serangkaian kegiatan kerjasama dengan TNI AU dalam misi PEGASE '22, sejak 11 hingga 14 September 2022.

Baca Juga:
7 Pesawat Tempur F-16 Milik TNI AU Selesai Upgrade Teknologi, Tinggal 3 Lagi

"Misi PEGASE tim AU Perancis di Indonesia kali ini, merupakan kegiatan ketiga, setelah pada 2015 dan 2018, juga pernah dilaksanakan kegiatan yang sama di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta," ujar rilis resmi TNI AU, Senin (12/9/2022).

Pesawat-pesawat itu sendiri diketahui terbang dari Australia setelah mengikuti latihan Pitch Black dengan beberapa negara termasuk Indonesia. Selama di Indonesia, tim AU Prancis, akan menggelar sejumlah kegiatan kerjasama kedua angkatan Udara.

Baca Juga:
Pesawat Tempur F -16 TNI AU Siaga untuk Pengamanan KTT ASEAN, InI Spesifikasinya

"Beberapa kegiatan penting yaitu CC Letjen Frederic Parisot kepada Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CFSA. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan Subject Matter Expert Exchange (SMEE) bidang operasional dan pemeliharaan pesawat Rafale, Airbus A330 MRTT dan A-400M," tambah TNI.

"Sementara pada Senin, dilaksanakan beberapa kegiatan, yaitu joyflight A-330 MRTT bagi media, joyflight A-400M bagi VIP Kemhan/TNI, dan backseat penerbang tempur TNI AU," jelasnya itu lagi.

Baca Juga:
Pesawat Tempur TNI AU Pecah Ban dan Tergelincir di Lanud Pekanbaru

Sebagaimana diketahui, Indonesia sendiri telah memesan pesawat Dassault Rafale dan A-400M. Untuk Rafale, Indonesia telah memesan 42 unit pesawat tempur multi peran itu sementara A-400M, Indonesia diketahui telah memesan beberapa unit pesawat angkut yang juga memiliki kemampuan untuk mengisi bahan bakar di udara itu.(fh/sumber:cnbc)