7 Pesawat Tempur F-16 Milik TNI AU Selesai Upgrade Teknologi, Tinggal 3 Lagi

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 25/Agu/2023 10:29 WIB
Pesawat F-16 milik TNI AU yang sedang di-modernisasi melalui program Falcon Star-Enhanced Mid Life Update (eMLU) di Skatek 042 Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, Rabu (23/8/2023).(foto:Kompas.com)) Pesawat F-16 milik TNI AU yang sedang di-modernisasi melalui program Falcon Star-Enhanced Mid Life Update (eMLU) di Skatek 042 Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, Rabu (23/8/2023).(foto:Kompas.com))

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sebanyak tujuh pesawat tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara (AU) rampung dilakukan modernisasi melalui program Falcon Star-Enhanced Mid Life Update (eMLU).

Skadron Teknik (Skatek) 042 Lanud Iswahjudi, Magetan, ditugasi menjadi skadron yang melakukan modernisasi F-16.

Baca Juga:
Pesawat Tempur F -16 TNI AU Siaga untuk Pengamanan KTT ASEAN, InI Spesifikasinya

Komandan Skadron Teknik (Danskatek) 042 Letkol (Tek) Andi Sukmawan mengatakan, tujuh pesawat F-16 telah rampung melakukan modernisasi dari target 10.

"Jadi prosesnya ini sudah tujuh pesawat, dari 10. Kemudian dari proses transfer teknologinya juga berjalan sesuai harapan,” kata Andi saat ditemui di lokasi Skatek 042, Magetan, Jawa Timur, Rabu (23/8/2023).

Baca Juga:
Menlu Ungkap Izin Mendarat Pesawat TNI AU Sempat Ditunda saat Evakuasi WNI di Afghanistan

Adapun program Falcon Star-eMLU dilakukan sejak 2018 dan bekerja sama dengan pabrikan asal Amerika Serikat, Lockheed Martin, sebagai pemasok suku cadang.

Pantauan di lokasi,sejumlah teknisi dari Skatek 042 tampak membongkar tiga pesawat F-16 yang sedang di-modernisasi.

Baca Juga:
Pesawat Sempat Kehabisan Bahan Bakar, 26 WNI dari Afghanistan Tiba di Jakarta

Danskatek 042 mengatakan, proses modernisasi satu pesawat F-16 bisa memakan waktu hingga satu tahun.

“Kalau untuk satu pesawat dalam arti full satu pesawat, estimasi kami bisa sampai 1 tahun. Karena kami memang mengerjakannya satu-satu. Jadi kami model pengerjaannua secara paralel,” kata Andi.

Dilansir dari laman TNI AU, program Falcon Star eMLU bisa meningkatkan kemampuan berupa service life pesawat.

Selain itu, kemampuan avionic serta persenjataan pesawat juga meningkat secara signifikan.

Program ini memberikan benefit lain, yakni peningkatan kemampuan SDM, khususnya kemandirian para teknisi dalam melaksanakan pemeliharaan hingga tingkat berat dan bahkan sampai factory level.(fhm)