Hankook Tire Investasikan $1.6 Miliar Pada Ekspansi Pabrik Tennessee

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 28/Sep/2022 12:20 WIB
foto:istimewa/hankook foto:istimewa/hankook

Nashville, Tenn (BeritaTrans.com) - Perusahaan ban terkemuka global Hankook Tire mengumumkan pada akhir Agustus lalu bahwa Dewan Direksi telah menyetujui investasi sebesar $1.6 Miliar untuk memperluas Pabrik Tennessee yang berlokasi di Clarksville, Tenn.

Sebelumnya, investasi ini mencakup ekspansi tahap kedua yang akan menggandakan kapasitas produksi ban mobil penumpang dan truk ringan (PC/LT) Hankook, dan menambahkan ekspansi tahap ketiga dengan produksi pertama ban Truk Bus dan Radial (TBR) di AS. Penambahan proyek perluasan tahap ketiga akan membawa 400 lapangan pekerjaan ke daerah Clarksville, dengan total 1.200 pekerjaan baru secara keseluruhan.

Baca Juga:
Hankook Tire Tampilkan Ban Tanpa Udara i-Flex di Pameran Pertahanan & Keamanan Korea 2022

Hankook akan menggandakan produksi PC/LT hingga 11 juta unit dan memungkinkan untuk memproduksi hingga 1 juta ban TBR setiap tahunnya di AS. Ekspansi ini mengeluarkan total investasi Hankook sebesar $2.2 Miliar di lokasi tersebut dengan komitmen untuk menyediakan ban berkualitas tinggi dan layanan terdepan di industri kepada para dealer ban dan konsumen guna memenuhi permintaan pasar Amerika, sambil mendukung mitra Original Equipment (OE) yang ada maupun yang akan datang.

“Investasi di pabrik Tennessee menunjukkan pertumbuhan Hankook di Amerika Serikat dan bukti komitmen untuk melayani pelanggan kami,” ujar Sooil Lee, CEO Hankook Tire & Technology sekaligus President of Hankook Tire America Corp. “Melalui fokus pada konstruksi yang berkelanjutan dan manufaktur inovatif, tahap baru Pabrik Tennessee ini akan menyediakan rantai pasok lokal-ke-lokal yang efektif untuk memenuhi permintaan pelanggan secara lebih efektif. Selain itu, kami sangat bangga karena dapat terus mendukung ekonomi lokal dengan menghadirkan 1.200 pekerjaan baru di area Clarksville.”

Baca Juga:
Hankook dan Formula E Rayakan Peluncuran Kerjasama

Sejak pabrik canggih Hankook dibuka pada Oktober 2017 di Tennessee, Hankook telah memproduksi 5,5 juta ban setiap tahun untuk pasar Amerika Utara dan menghasilkan 950 pekerjaan. Pasar Amerika Utara menyumbang lebih dari 28% dari total penjualan Ban Hankook pada tahun 2021.

“Perluasan produksi ini merupakan langkah yang penting untuk pertumbuhan pasar Truk menengah, menjadikan Hankook sebagai salah satu produsen yang memproduksi produk TBR di Amerika Serikat,” ucap Rob Williams, Senior Vice President, North America Sales, Hankook Tire America Corp. “Alhasil, kami dapat memenuhi kebutuhan basis dealer kami yang terus berkembang dan armada yang melayani jalur pelayaran Amerika Utara dengan lebih baik.”

Baca Juga:
Ban SUV Andalan Hankook "Ventus S1 evo 3" Raih Penghargaan dan Predikat `Rekomendasii" dari Auto Express

Hankook diharapkan akan melakukan terobosan pada pabrik baru di awal 2023, tergantung pada kesepakatan, persetujuan peraturan dan kondisi lainnya. Produksi ban di tahap baru akan dimulai pada Q4 2024, dan mencapai kapasitas penuh pada awal 2026.

Brand global seperti Hankook Tire memilih untuk menginvestasikan ke pabrik Tennesse karena iklim bisnis kami yang kuat, tenaga kerja yang terampil, dan lokasinya di pusat,” kata Gubernur Tennessee Bill Lee. “Saya berterimakasih kepada Hankook atas investasinya yang berkelanjutan di negara bagian kami dan juga untuk menciptakan 400 pekerjaan baru di pabrik bagi orang-orang Tennesse di Montgomery.

Pabrik Tennessee Hankook berlokasi di luar International Boulevard, di bagian selatan Corporate Business Park.  Beroperasi pada 8 lokasi produksi di 5 negara di dunia termasuk Amerika Serikat , Hongaria, Indonesia, China dan Korea, saat ini Hankook Tire memiliki kapasitas produksi global tahunan sekitar 100 juta unit. Melalui ekspansi di Pabrik Tennessee, perusahaan diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi hingga 106.5 juta unit.(ahmad)

Tags :