Baketrans, Dirigen Orkestrasi Formulasi Kebijakan Kemenhub

  • Oleh : Naomy

Kamis, 29/Sep/2022 14:45 WIB
Kepala Baketrans saat perkenalkan transformasi dari Litbang Kepala Baketrans saat perkenalkan transformasi dari Litbang

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kepala Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kementerian Perhubungan Gede Pasek menjelaskan, peran Baketrans yang merupakan transformasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) adalah sebagai dirigen dalam rangka orkestrasi formulasi kebijakan.

Baca Juga:
Baketrans Bahas Advokasi Kebijakan Program Tol Laut

Selain itu juga sebagai katalisator dalam mempercepat proses output dan input kebijakan transportasi kepada semua stakeholder. 

Baketrans nantinya juga akan menjadi government think-tank, dalam bentuk dukungan pengambilan keputusan dengan rekomendasi yang dihasilkan melalui basis pengetahuan maupun basis kondisi faktual. 

Baca Juga:
Baketrans Survei Online Potensi Pergerakan Masyarakat di Libur Lebaran

"Tentunya juga harus dapat menjawab permasalahan transportasi serta isu-isu global melalui analisis dan rekomendasi perumusan kebijakan transportasi yang antisipatif dan responsif untuk mewujudkan konektivitas nasional yang andal, berdaya saing dan memberikan nilai tambah,” katanya saat membuka Rapat Kerja Baketrans di Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Tema Raker kali ini “Reformasi Kebijakan Sektor Transportasi Nasional melalui Badan Kebijakan Transportasi”.

Baca Juga:
Baketrans Gelar FGD Terkait KA Cepat Manfaat untuk Negeri

Penyelengaraan Raker ini menjadi salah satu wahana untuk saling bertukar pikiran dalam penyelenggaraan kegiatan perumusan rekomendasi kebijakan sektor transportasi di pemerintahan yang efektif dan efisien, sekaligus sebagai bentuk sosialisasi serta penguatan peran dan positioning Baketrans.

“Dengan adanya Raker ini kami berharap dapat membangun Proses Bisnis Baketrans dalam membangun sistem kerja solid atau aturan main bagaimana proses perumusan kebijakan hingga tindak lanjutnya dapat di-deliver dengan baik kepada mitra kerja," ujar dia.

Di mana hal ini tentu diperlukan konsolidasi internal dan mempersiapkan perjalanan Baketrans ke depannya.

Sekretaris Baketrans Pandu Yunianto menyampaikan, dalam proses transformasi, ini tidak terlepas dari dukungan Tim Pakar Kebijakan Transportasi yang terdiri dari para tenaga ahli dengan kahlian teknis transportasi, hukum dan kebijakan publik.

"Mereka telah memberikan masukan dan inovasi melalui kedalaman ilmunya," ungkapnya.

Turut hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Kepala Bagian Organisasi dan Kepatuhan Internal Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Kementerian Keuangan, Herry Harmawan dan Deputi Bidang Kajian Kebijakan Dan Inovasi Administrasi Negara, Lembaga Administrasi Negara (LAN), Tri Widodo. (omy)