Yes, 68 Lulusan Diwisuda Perdana di Poltekbang Jayapura, Torang Bisa! Torang Basodara!

  • Oleh : Naomy

Selasa, 04/Okt/2022 18:30 WIB
Wisuda Poltekbang Jayapura Wisuda Poltekbang Jayapura

JAYAPURA (BeritaTrans.com) - Yes, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Jayapura menggelar acara Wisuda Program Diploma III sebanyak 68 lulusan.

Wisuda kali ini merupakan agenda wisuda pertama yang dilaksanakan oleh Poltekbang Jayapura karena baru didirikan pada tahun 2019, yang sebelumnya adalah Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Jayapura.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Acara wisuda dipimpin Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Udara (PPSDMPU), Dr. Heri Sudarmadji, Selasa (4/10/2022).

Dalam sambutannya, Kepala PPSDMPU menyampaikan tema wisuda "Menjadi Generasi Bersinar Dari Timur yang Kreatif, Inovatif dan Tangguh Di masa Recovery Pandemi. Torang Bisa! Torang Basodara!".

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

"Para lulusan agar mampu lebih kreatif dalam menciptakan inovasi tidak hanya sebagai pencari pekerjaan tetapi juga kemampuan entrepreneurship di bidang penerbangan," pesannya.

Pandemi Covid-19 telah menjadikan maskapai penerbangan di dunia dan juga Indonesia mengalami masa sulit, penurunan jumlah penumpang menjadikan perusahaan maskapai penerbangan mengalami kesulitan keuangan.

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

Hal ini menyebabkan pengurangan pekerjaan di bidang jasa angkutan udara sehingga terjadi keterbatasan lapangan pekerjaan.

Dia meyakini bahwa suatu negara dapat diukur tingkat kemajuan atau kesejahteraannya dengan beberapa faktor salah satunya adalah dengan melihat sistem transportasi publik di negara tersebut.

“Pembangunan sektor transportasi yang telah diskenariokan oleh pemerintah, akan dilakukan secara besar-besaran di seluruh tanah air, meliputi sarana dan prasarana transportasi guna mampu menunjang keberhasilan pelaksanaan pembangunan nasional," ujar Heri.

Lulusan juga harus terus berkarya sekuat tenaga dan selalu meningkatkan kualitas SDM yang memiliki nilai-nilai Prestasi (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas) guna memberikan yang terbaik untuk Bangsa dan Negara.

“Kalian adalah bibit-bibit muda calon penerus perjuangan kami, baktimu telah dinanti, selamat berjuang mengarungi samudera kehidupan yang sesungguhnya," ungkap dia.

Heri mengucapkan selamat untuk para lulusan dan apresiasi untuk para pendidik baik dosen maupun instruktur di Poltekbang Jayapura.

“Saya ucapkan selamat kepada para lulusan beserta keluarga, serta penghargaan setinggi-tingginya kepada para pendidik baik dosen maupun instruktur atas dedikasi dalam mendidik dan melatih para Taruna/I sehingga berhasil menghantarkan mereka ke gerbang keberhasilan," tuturnya.

Direktur Politeknik Penerbangan Jayapura, Ir. Musri Kona menyampaikan, jumlah lulusan sebanyak 68 orang, yang terdiri dari 20 orang lulusan D-III Program Studi Manajemen Lalu Lintas, 24 orang lulusan D-III Program Studi Teknik Listrik Bandara dan 24 orang lulusan D-III Program Studi Manajemen Bandar Udara. (omy)