Wajah Baru Terminal Penumpang Pelabuhan Muara Angke Usai Direvitalisasi dan Diresmikan Anies

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 06/Okt/2022 12:02 WIB
Terminal Penumpang Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara rampung direvitalisasi dan diresmikan Gurbernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Senin (3/10/2022). (KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI) Terminal Penumpang Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara rampung direvitalisasi dan diresmikan Gurbernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Senin (3/10/2022). (KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Terminal Penumpang Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, baru selesai direvitalisasi dan diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pada Senin (3/10/2022).

Terminal penumpang ini diperuntukkan bagi layanan pengantaran penumpang dari dan ke Kepulauan Seribu.

Baca Juga:
Sesditjen Hubla Tinjau Pelabuhan Muara Angke

Cukup mudah untuk sampai di lokasi ini menggunakan transportasi umum.

Lokasinya yang berada di Jakarta Utara bisa ditempuh dengan menggunakan Transjakarta, angkutan kota (angkot), kendaraan pribadi, maupun jasa ojek online.

Baca Juga:
Kementerian BUMN Nilai Transformasi Terminal Penumpang Pelindo Sudah Signifikan

Sesampainya di Terminal Penumpang Pelabuhan Muara Angke, aroma amis cukup menusuk hidung.

Tampak bangunan terminal penumpang yang didominasi warna putih bertuliskan Pelabuhan Muara Angke.

Baca Juga:
Hadapi Musim Mudik, Pelindo Siapkan 63 Titik Terminal Penumpang

Calon penumpang diharuskan untuk memindai kode QR melalui aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki area dalam pelabuhan.

Memasuki bagian depan, terdapat tempat duduk yang disediakan bagi para penumpang untuk menunggu keberangkatan kapal, maupun mereka yang baru saja tiba.

Di area yang lebih dalam, tepat di tengah kawasan pelabuhan ada taman dengan luas beberapa meter yang ditanami rumput dan sejumlah pohon.

Kemudian, penumpang juga bisa menunggu sambil menyantap makanan atau sekadar beristirahat di ruang pujasera pelabuhan.

Mengunjungi juga beberapa fasilitas seperti toilet, mushala, dan tempat penumpang menunggu kapal di Pelabuhan Muara Angke usai direvitalisasi.

Ruang tunggu para penumpang kapal di Terminal Penumpang Pelabuhan Muara Angke pun terbilang cukup mewah.

Penumpang bisa leluasa duduk di bangku, dengan pemandangan langsung ke arah lautan.

Terlihat pula kapal milik Dinas Perhubungan dan kapal tradisional bersandar di sekitar pelabuhan.

Kapal-kapal ini biasa membawa penumpang dari sekitar pukul 08.00 WIB menuju pulau tujuan seperti Pulau Harapan, Pulau Kalapa, Pulau Pramuka, dan Pulau Panggang.

Saat meresmikan terminal penumpang, Anies berkata tempat itu memiliki perbedaan yang sangat kentara apabila dibandingkan dengan terminal sebelumnya.

Salah satu perbedaan yang ada, terminal itu kini bisa menampung lebih banyak orang lagi. Kendati demikian, Anies tidak merinci berapa jumlah penumpang yang bisa ditampung di terminal tersebut.

"Pelabuhan ini, kalau lihat sekarang nih, bisa terasa sekali bedanya luar biasa dengan sebelumnya," ujar Anies, Senin.

"Rasanya kita punya sebuah fasilitas pelabuhan yang modern, yang bisa menampung banyak penumpang (dan terasa) nyaman," sambung dia.

Anies juga sempat meninjau terminal penumpang bersama Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo dan Bupati Kepulauan Seribu Junaedi. Dia berkeliling sambil melihat fasilitas yang sudah ada.

"Ini adalah ruang tunggu terminal. Jadi sesuai janji Bapak (Anies) kepada warga Kepulauan Seribu, ini disiapkan," tutur Syafrin kepada Anies.

Meski sudah direvitalisasi, pelabuhan ini masih melakukan perbaikan lain yakni meninggikan dermaga.(ny/Sumber:Kompas.com)