Lagi, Kemenhub Kukuhkan 30 Ahli Ukur Kapal

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 08/Okt/2022 07:00 WIB
Pengukuhan ahli ukur kapal Pengukuhan ahli ukur kapal

BOGOR (BeritaTrans.com) - Lagi, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Perkapalan dan Kepelautan menggelar kegiatan pengukuhan 30 Ahli Ukur Kapal Metode Dalam Negeri yang berlangsung di Bogor, Jumat (7/10/2022).

Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Ahmad Wahid menjelaskan, Kegiatan Pengukuhan ahli ukur ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan meningkatkan mutu penyelenggaraan pengukuran kapal di unit kerja masing-masing, yang pada akhirnya dapat menghasilkan pelayanan yang optimal bagi para pengguna jasa perkapalan dan kepelautan.

Baca Juga:
Kemenhub Fasilitasi Pemulangan 6 Jenazah ABK Kecelakan Kapal Keoyoung Sun di Perairan Jepang

"Ahli ukur kapal memiliki peranan penting terutama dalam hal menunjang keselamatan pelayaran," ujarnya. 

Salah satu tujuan dari pengukuran kapal adalah untuk menentukan tonase kotor dan tonase bersih sebuah kapal sebelum kapal dioperasikan. 

Baca Juga:
Selamat dari Kapal Tenggelam di Perairan Jepang, Kemenhub Fasilitasi Pencetakan Dokumen Pelaut Ryan

Kegiatan tersebut merupakan awal penentuan bagi sebuah kapal yang nantinya akan melekat sertifikasinya terkait dengan keselamatan, pengawakan, pencemaran dan perlindungan lingkungan maritim.

"Terkait dengan hal ini, saya minta agar para ahli ukur kapal dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab berdasarkan ketentuan peraturan yang berlaku," tegas Wahid.

Baca Juga:
6 ABK WNI Wafat di Kecelakaan Kapal Korea di Perairan Jepang, Kemenhub Fasilitasi Pemulangannya

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan mutu penyelenggaraan pengukuran kapal di unit kerja masing-masing, yang dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada para pengguna jasa perkapalan. (omy)