Daftar Jalan Tol yang Bakal Uji Coba MLFF Akhir Tahun Ini

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 08/Okt/2022 22:07 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Penerapan teknologi sistem transaksi tol tanpa atau Multi Lane Free Flow (MLLF) pada akhir tahun ini. Mulanya, bayar tol tanpa setop itu akan dilakukan uji coba terlebih dahulu.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah menyiapkan lima ruas tol yang akan digunakan untuk uji coba bayar tol tanpa setop. Daftar tolnya mulai dari, Tol Bali Mandara, Tol Jagorawi, Tol Jakarta Cikampek, Tol Dalam Kota, dan Tol JORR (termasuk Ulujami-Pondok Aren-Serpong).

Baca Juga:
Siap Menyambut Mudik Lebaran, DAMRI Pastikan Armada Bersih Untuk Kenyamanan Pelanggan

"Kelima ruas jalan tol tersebut merupakan perwakilan lebih dari 60% traffic keseluruhan jalan tol di Indonesia," jelasnya Kepala BPJT Danang Parikesit kepada wartawan bulan lalu, ditulis lagi Sabtu (8/10/2022).

Danang juga pernah menyebut, dalam uji coba bayar tol tanpa setop hanya beberapa gerbang tol yang difasilitasi teknologi MLLF itu. Pihaknya masih akan menyiapkan gate pembayaran dengan kartu, tujuannya agar masyarakat bisa mencoba terlebih dahulu.

Baca Juga:
Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim, Ini Kronologi Penyebabnya!

"Untuk diujicobakan agar orang bisa mengaplikasikan cantas kemudian nanti sambil familiar pada saatnya akan dioperasikan secara komersial," lanjutnya.

Untuk aplikasi yang akan digunakan untuk bayar tol tanpa setop yakni Cantas disebut akan diluncurkan pada Desember 2022. Aplikasi Cantas sendiri sudah bisa diunduh sekarang.

Baca Juga:
Sesditjen Hubdat Bersama Komisi V DPR Tinjau Terminal Tipe A Purboyo

"Masyarakat bisa download aplikasi Cantas untuk mencoba bayar tol nirsentuh yang akan dioperasikan, bisa latihan. Nanti Desember akan diluncurkan," tuturnya.(fh/sumber:detik)