Perguruan Tinggi BPSDMP Ikuti Pameran Indo Defence Expo dan Forum 2022

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 05/Nov/2022 16:33 WIB
Peran serta taruna Kemenhub di Indodefence Peran serta taruna Kemenhub di Indodefence

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan serta unit kerja lainnya di lingkungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkolaborasi dengan Biro Komunikasi dan Informasi (BKIP) Kemenhub mengikuti pameran Indo Defence 2022 Expo dan Forum 2022, Indonesia’s Official Tri-Service Defence, Aerospace, Maritime and Security Event di Jiexpo Kemayoran 2-5 November 2022.

Indo Defence Expo dan Forum 2022 ini merupakan pameran pertahanan berskala internasional dan telah terjadwal dalam agenda pameran pertahanan dunia yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali sejak tahun 2004 di mana Kementerian Pertahanan bertindak selaku tuan rumah.

Baca Juga:
Bahas Optimalisasi Pemanfaatan Aset dan Kampus Berstandar Global, BPSDMP Gelar Rakornis

Pameran industri pertahanan terbesar se-Asia Tenggara ini mengusung tema “Peace, Prosperity, Strong Defence”.

Melalui tema tersebut Indonesia berkomitmen selalu terbuka dalam hubungan eksternal dengan semua negara untuk menjalankan diplomasi pertahanan.

Baca Juga:
BPSDMP Gelar Workshop Peningkatan Kemampuan Digital Marketing

Dalam mendukung upaya tersebut, dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi, berkualitas, cepat dan sigap dalam mengikuti dinamika lingkungan strategis yang akan menjadi aset berharga dalam penyelenggaraan pertahanan negara serta pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kinerja suatu organisasi termasuk dalam sektor transportasi sebagai urat nadi perekonomian suatu negara.

Melalui pameran Indo Defence 2022, diharapkan dapat menjadi ajang efektif untuk memperluas jejaring terutama berkaitan dalam memperkenalkan Perguruan Tinggi bidang transportasi di lingkungan Kemenhub yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia serta peluang kerja sama kepada industri lain dan masyarakat luas.

Baca Juga:
Siapkan Pengemudi Angkutan Umum Andal, BPSDM Kemenhub Kerja Sama dengan Dishub DKI Jakarta

Sekretaris BPSDM Perhubungan, Dr. Capt. Antoni Arif Priadi pada kesempatan terpisah mengungkapkan, SDM yang dididik pada Perguruan Tinggi di lingkungan BPSDMP telah dibekali dengan nilai persatuan dan kesatuan selama menjalani pendidikan, sehingga itu merupakan aset berhaga yang dimiliki oleh Kemenhub dalam memendukung penyelenggaraan transportasi seluruh wilayah di Indonesia dan dunia internasional.

“Keikutsertaan BPSDM Perhubungan dalam kegiatan pameran Indo Defence 2022 ini selain bertujuan dalam mendukung meningkatkan kualitas SDM transportasi yang bermutu dan berwawasan internasional, dapat juga dijadikan sebagai upaya promosi, kerja sama dan ajang membangun jejaring komunikasi dengan industri lain," tuturnya.

Turut berpartisipasi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Politeknik Transportasi Darat - STTD Bekasi, Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug dan Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten dengan mengirimkan masing-masing dua Taruna/I sebagai juru penerang.

Keikutsertaan Kampus Kemenhub dalam pameran tersebut merupakan salah satu implementasi dari nilai-nilai PRESTASI yaitu Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas yang dimiliki taruna/i BPSDM Perhubungan. (omy)