Ini Lokasi Jalan Tol Layang Baru di Ujung Selatan-Timur Jakarta

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 08/Nov/2022 17:01 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kemacetan masih jadi momok bagi warga yang beraktivitas di DKI Jakarta dan sekitarnya. Untuk itu, sejumlah proyek infrastruktur berupa jalan tol terus dikencangkan. Salah satunya adalah proyek jalan tol layang.

Seperti tol yang berada di ujung Timur Jakarta, yaitu ruas Bekasi-Cawang-Kampung Melayu dan selatan Jakarta, JORR Elevated.

Baca Juga:
Sore Ini Kondisi Jalan Raya Bekasi Ramai Kendaraan, Proyek Jalan Tol Layang Pulo Gebang-Kelapa Gading terus Berlangsung

Saat ini tol Becakayu tengah menunggu untuk diresmikan secara keseluruhan, sedangkan JORR Elevated masih dalam tahap rencana konstruksi.

Melansir laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tol Becakayu yang dibangun dengan konstruksi melayang, membentang dari wilayah Bekasi-Kampung Melayu, yang targetnya dalam dapat beroperasi penuh pada akhir tahun 2022.

Tol ini dibangun secara bertahap. Di mana pada seksi IB dan IC Cipinang-Jakasampurna telah beroperasi sejak November 2017 lalu. Begitu juga dengan ruas yang terkoneksi dengan jalan tol Ir Wiyoto-Wiyono via Gerbang tol Pisangan yang dioperasikan 2021 dan 2022 ini.

Sedangkan untuk seksi 2A ruas lanjutan dari Jaka Sampurna-Kayuringin-Ujung Kayuringin-Margajaya saat ini dalam tahap Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO).

"Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu dibangun dengan konstruksi layang membentang dari wilayah Bekasi-Kampung Melayu dengan total panjang 16,77 km siap dioperasikan seluruhnya," tulis keterangan BPJT di kutip, Senin (7/11/2022).

Sebelum hadirnya Jalan Tol Becakayu, waktu tempuh dari Kota Bekasi menuju Jakarta sekitar dua jam perjalanan, kemudian setelah dioperasikannya Tol Becakayu perjalanan dari Bekasi ke Kampung Melayu dapat ditempuh menjadi lebih cepat hanya dalam waktu 20-30 menit saja.

Bergeser ke ujung Selatan Jakarta, tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) elevated dari Cikunir-Ulujami juga sedang dalam perencanaan pembangunan.

Badan Usaha Jalan Tol dalam hal ini Konsorsium PT Marga Metro Nusantara, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dan PT Acset Indonusa Tbk tengah mengupayakan membangun tol layang baru di Selatan Jakarta, yaitu ruas Cikunir-Ulujami.

Mengutip Simpul KPBU Kementerian PUPR, tol ini merupakan bagian dari tol Jabodetabek yang berada di atas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) eksisting.

Tol ini terbentang sepanjang 21,5 kilometer dengan titik awal berlokasi di Jatiasih dan titik akhir berlokasi di persimpangan Ulujami, dengan biaya konstruksi mencapai 13,4 triliun.

Adapun prosesnya rencana pembangunannya sudah tinggal menunggu penandatanganan pengusahaan jalan tol (PPJT) yang direncanakan pada Januari 2023 mendatang. Lalu berlanjut pada proses pendanaan, perencanaan teknis, hingga pelaksanaan konstruksi.

"Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada Januari 2023," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, kepada wartawan, dikutip (7/11/2022).(fh/sumber:cnbc)