KN Chundamani Evakuasi KMP Mutiara Timur I Terbakar di Perairan Bali

  • Oleh : Naomy

Kamis, 17/Nov/2022 15:37 WIB
Kapal terbakar di peraira Bali Kapal terbakar di peraira Bali

BALI (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan laut mengerahkan Kapal Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dari Pangkalan PLP Tanjung Perak,  KNP. Chundamani untuk membantu proses evakuasi kapal KMP Mutiara Timur I yang terbakar di sekitar pantai Desa Bunutan, Kabupaten Karangasem, Bali, kemarin (16/11/2022).

Direktur KPLP Capt. Mugen Sartoto  mengatakan, alhamdulillah para penumpang dan awak kapal KM Mutiara Timur I berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

Baca Juga:
Kebakaran Kapal MV Layar Anggun 8 di Perairan Tanjung Berakit Berhasil Diselamatkan Tim KPLP

"Fokus dari evakuasi selanjutnya adalah memadamkan api kapal KM Mutiara Timur I dan mengevakuasi bangkai kapal," tuturnya, Kamis (17/11/2022).

Para penumpang dievakuasi dalam keadaan selamat dan dalam perjalanan ke pelabuhan Tanjung wangi, Banyuwangi

Baca Juga:
Kemenhub Fasilitasi Mudik Gratis dari Pelabuhan Celukan Bawang ke Kepulauan Raas

Saat ini petugas KPLP di kapal KNP. Chundamani masih menyisir di lokasi kejadian dan terus memantau kondisi terkait keselamatan pelayaran.

Kondisi KM Mutiara Timur I yang terbakar saat ini api di luar sudah berhasil dipadamkan namun masih terlihat titik api di dalam kapal.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Gelar Pelatihan Boarding Officer bagi Awak Kapal Patroli

“KN. Chundamani masih di lokasi untuk bersiaga karena kondisi bangkai kapal yang terus ke arah TSS Selat Lombok dan berpotensi terhadap keselamatan kapal yang melintas,” kata Capt. Mugen.

Diinformasikan sebelumnya kemarin KM Mutiara Timur 1 mengalami musibah/terbakar pada posisi 08°18'992"LS- 115°40'74"BT, KM Mutiara Timur I dengan rute Pelabuhan Ketapang, Jawa Timur-Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB). (omy)