Ini Keistimewaan Si Pembawa Kiamat, USS Rhode Island Kapal Selam Nuklir Terbesar di Dunia

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 18/Nov/2022 07:43 WIB
USS Rhode Island. Dok: US Naval Force USS Rhode Island. Dok: US Naval Force

Jakarta (BeritaTrans.com)  -Amerika Serikat telah mengeluarkan salah satu kapal selam rudal nuklir terbesarnya, USS Rhode Island, yang terpantau hilir mudik di perairan Eropa. Hal ini merespons sekaligus pesan tegas bagi Vladimir Putin dari Rusia dalam penggunaan senjata nuklir.

Setelah berada di Laut Hitam, kapal selam itu kemudian memasuki Laut Mediterania dan berhenti di Gibraltar, wilayah Inggris. Berada beberapa hari di sana, kapal itu kemudian kembali lagi ke Laut Hitam, kemungkinan untuk mengantisipasi ancaman nuklir Rusia.

Baca Juga:
Singapura Tambah Lagi 2 Kapal Selam Buatan Jerman

USS Rhode Island disebut-sebut sebagai kapal selam nuklir terbesar di bawah laut yang pernah ada. Tentu semakin penasaran dengan keistimewaan kapal ini, bukan? Oleh karena itu, berikut adalah berbagai spesifikasi lengkap dari kapal selam USS Rhode Island, sebagai berikut.

Keistimewaan Kapal USS Rhode Island

Kapal selam USS Rhode Island, dijuluki oleh personel militer AS sebagai the rider of the apocalypse atau diartikan sebagai 'pembawa kiamat'. Kapal ini tiba di Pelabuhan Gibraltar di pantai selatan Spanyol dan terlihat meninggalkan Pelabuhan dan memasuki Laut Mediterania pada Sabtu, 5 November 2022.

Baca Juga:
Hilang Kontak 5 Hari di Laut Aru Maluku, Kapal Kargo Bersama Kru Ditemukan Selamat

Dikutip dari express.co.uk, USS Rhode Island merupakan kapal selam dengan panjang 560 kaki atau setara dengan 170 meter. Kapal selam ini telah dilengkapi dengan 24 rudal balistik Trident II, seperti pada kapal selam rudal balistik kelas Ohio Angkatan Laut AS yang telah bertugas sejak 1994.

Disebut ‘penunggang kiamat’ karena mampu membawa 150-200 hulu ledak nuklir dalam kapal selam. Sementara dikutip dari themaritimepost.com, kapal selam besar ini juga memiliki kecepatan maksimum rudal mencapai 18.000 kilometer dan kecepatan terbangnya 29.000 kilometer per jam.

Baca Juga:
Negara Pemilik Kapal Induk Terbanyak di Dunia, Nomor 2 di Asia

Selain itu, keistimewaan dari kapal ini adalah kemampuannya yang fleksibel, bisa itu dipakai bertahan maupun berpatroli secara terus menerus. Pakar militer percaya pengiriman USS Rhode Island akan mempengaruhi Rusia dan memaksanya untuk membatalkan kemungkinan rencana serangan nuklir di Ukraina. Salah satunya juga tanggapan atas uji coba rudal balistik kapal selam nuklir Rusia Generalissimus Suvorov.(ny/Sumber:Tempo,co)