Kepala BPSDMP: Kolaborasi Wujudkan Satker Pendidikan Unggul dan Berdaya Saing

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 18/Nov/2022 10:02 WIB
Djoko Sasono Djoko Sasono

TANGERANG (BeritaTrans.com) -  Meningkatkan kolaborasi dan koordinasi serta guna menghadapi tantangan serta mendorong terciptanya kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing tinggi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) dan Pembinaan Kesamaptaan bagi para pegawai.

Dipimpin Kepala BPSDMP Djoko Sasono, Rakornis digelar di Gedung Serba Guna Politeknik Penerbangan Indonesia Curug, Tangerang, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga:
Siapkan Pengemudi Angkutan Umum Andal, BPSDM Kemenhub Kerja Sama dengan Dishub DKI Jakarta

Dalam sambutanya, Kepala BPSDMP menyampaikan bahwa rakornis ini merupakan bentuk kolaborasi dan koordinasi yang optimal antarsatuan kerja (Satker) di lingkungan BPSDMP serta dalam upaya mewujudkan SDM transportasi yang ber-Prestasi. 

"Karena pada dasarnya tujuan yang akan dicapai tidak dapat diusahakan sendiri, namun memerlukan sinergi dan kolaborasi antara satu sama lain," tutur Djoko.

Baca Juga:
Di Upacara Pelepasan 152 Perwira BP3IP Jakarta, Sekretaris BPSDMP: Kita Pelaut Ulung

Prestasi yang mengandung makna Profesional, Etika, Standar Global, dan integritas merupakan kristalisasi dari keinginan BPSDMP untuk menghasilkan output berupa SDM transportasi yang unggul dan berdaya saing global.

Dia terus mendorong seluruh Perguruan Tinggi dan Lembaga Diklat untuk selalu meningkatkan kualitas Dosen maupun Instruktur guna terciptanya satuan kerja pendidikan terbaik di bidang transportasi.

Baca Juga:
Kemenhub Buka 7 Diklat Penerbangan Bareng Timor Leste

"Melalui Rakornis ini BPSDMP juga berupaya mewujudkan visi dan misinya, yakni terwujudnya SDM transportasi prima, profesional, dan beretika dalam menyelenggarakan transportasi yang handal dan zero accident," bebernya.

Rakornis kali ini mengambil Tema “Guyub Rukun Menuju Prestasi”.

“Saya mendorong agar seluruh Perguruan Tinggi dan Lembaga Diklat di lingkungan BPSDMP terus meningkatkan kolaborasi dan kerja sama serta kemampuan beraptasi terhadap perkembangan teknologi yang berkembang semakin masif saat ini," ujar Djoko.

Senada dengan tema tersebut, dalam Rakornis yang dilaksanakan selama  tiga hari, dimulai 17 s.d. 19 September 2022 ini juga dilaksanakan pembinaan kesamaptaan pegawai di lingkungan BPSDMP.

Pada kesempatan ini turut hadir para Kepala BPSDMP pada periode - periode sebelumnya yakni Ir. Dedy Darmawan, Capt. Bobby R. Mamahit, Ir. Santoso Edy Wibowo, Dr. Wahju Satrio Utomo, Dr. Umiyatun Hayati Triastuti, dan Ir. Sugihardjo, yang memberikan motivasi kepala seuruh unit kerja di lingkungan BPSDMP untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 melalui pengembangan SDM transportasi. 

Sebagai wujud apresiasi kepada unit kerja dan para taruna/I yang berprestasi dalam bidang non akademik, telah dilaksanakan juga penyerahan Piagam Apresiasi dengan kategori:

• Penyelesaian 100% atas Tindak Lanjut Rekomendasi Laporan Hasil Audit Inspektorat Jenderal

• Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) s.d bulan Oktober 2022 dengan kategori sangat baik

• Pengelola Media Sosial Terbaik

• Realisasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dengan kategori sangat baik

• Pemanfaatan Pengelolaan Kerja Sama Berbasis Digital Terbaik

• Taruna/i Juara Perlombaan Tingkat Nasional. (omy)