Tol Milik Gudang Garam Dibangun, Ini Rute Wilayahnya

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 26/Nov/2022 07:55 WIB
Gedung PT Gudang Garam Tbk di Kediri, Jawa Timur. (Dok. Gudang Garam) Gedung PT Gudang Garam Tbk di Kediri, Jawa Timur. (Dok. Gudang Garam)

Jakarta (BeritaTrans com)  - Pembangunan Tol Kediri - Tulungagung sepanjang 44,51 kilometer tengah dalam proses tender. Nantinya perencanaan tol ini dikabarkan bakal melewati dua kecamatan di Jawa Timur.

Mengutip Website resmi Pemerintah Kota Kediri, sosialisasi rencana pembangunan jalan tol Kediri - Tulungagung pada Oktober 2022 lalu, dimana diikuti 1031 warga yang terdampak pembangunan tol.

Baca Juga:
Khofifah Gratiskan Pajak Mikrolet dan Ojol Usai BBM Naik

"Dimana tersebar di dua kecamatan, yakni kecamatan Mojoroto dan Kecamatan Kota, pada delapan kelurahan yakni Kelurahan Semampir, Bujel Sukorame, Pojok, Mrican, Gayam, Ngampel, dan Mojoroto," jelas Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, dikutip situs resmi Pemkot Kediri, Jumat (25/11/2022).

Abdullah Abu Bakar menjelaskan sosialisasi ini untuk menyamakan persepsi masyarakat untuk pembangunan jalan tol yang masuk Proyek Strategis Nasional (PSN). Juga bisa memberikan pemahaman masyarakat tentang pembangunan tol ini.

Baca Juga:
Dukung KSPN, DAMRi Layani Angkutan Rute Pariwisata Malang-Gunung Bromo, Ini Jadwal dan Tarifnya!

Ketua Tim Pengadaan Tanah Jalan Tol Kediri - Tulungagung dari Kementerian PUPR menjelaskan proses pengadaan tanah dilakukan secara empat tahap.

"Diawali tahap perencanaan yang sudah kita lalui, kemudian tahap persiapan dimana salah satunya melalui sosialisasi hari ini, lalu tahap berikutnya konsultasi publik dan tahap pelaksanaan yang akan melibatkan banyak stakeholder," katanya.

Baca Juga:
Jembatan Tertua di Indonesia di Kediri Bakal Didesain Kang Emil Menjadi Jembatan Terkeren

Untuk diketahui tol ini merupakan proyek KPBU unsolicited yang diusulkan oleh PT Gudang Garam Tbk. Tol ini merupakan kelanjutan dari tol Kertosono - Kediri.

Proyek ini juga merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai dengan Perpres Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik - Bangkalan - Mojokerto - Surabaya - Sidoarjo - Lamongan, Kawasan Bromo - Tengger - Semeru, serta Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Rencananya pada tahun depan akan dilakukan proses Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

"Untuk tol Kediri - Tulung Agung rencana PPJT di Q4 2023," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, kepada CNBC Indonesia, Kamis (25/11/2022).

Mengutip laporan BPJT per November 2022, progres tender tol Kediri Tulung Agung masih dalam evaluasi Dokumen Prakualifikasi Peserta. PT Gudang Garam Tbk sudah dinyatakan sebagai pemenang prakualifikasi.

Nantinya setelah proses PPJT akan dilanjutkan dengan proses pendanaan, perencanaan teknis hingga pelaksanaan konstruksi. Sehingga untuk masa konstruksi masih membutuhkan waktu yang lebih panjang..    (ny/Sumber:CNBCIndonesia)