Mulai 15 Desember Batik Air Terbangi Aceh-Penang

  • Oleh : Naomy

Selasa, 29/Nov/2022 07:33 WIB
Penerbabgan Batik Air (dok) Penerbabgan Batik Air (dok)

BANDA ACEH (BeritaTrans.com) - Mulai 15 Desember 2022, maskapai Batik Air bakal terbangi rute Banda Aceh-Penang Malaysia.

Dari destinasi Banda Aceh melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda di Aceh Besar, Aceh (BTJ) ke Bandara Internasional Pulau Pinang-Bayan Lepas, Penang, Malaysia (PEN).

Baca Juga:
Batik Air Resmikan Rute Baru Internasional Yogya ke Singapura dan Malaysia Tanpa Transit

Pada tahap awal, menurut Corporate Communications Strategic Batik Air Danang Mandala Prihartono, ditawarkan jadwal terbang satu kali sehari atau tujuh kali dalam sepekan.

Koneksi penerbangan Lion Air Group kata dia, banyak dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda  (connecting flight)  tujuan Medan Kualanamu, Batam, Padang, Palembang, Pekanbaru, Gunungsitoli, Jambi, Lhoksumawe, Meulaboh, Padang Sidempuan, Sibolga, Silangit, Simeulue, Takengon, Jakarta Soekarno-Hatta, Jakarta Halim Perdanakusuma, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Lombok serta kota tujuan lainnya.

Baca Juga:
Batik Air Buka Penerbangan Tanpa Transit Jogja-Kuala Lumpur, Ini Jadwalnya!

"Penerbangan lanjutan dari Penang tersedia rute tujuan ke Kuala Lumpur, Malaka, Thailand serta  terkoneksi ke negara-negara lainnya," ungkapnya.

Ini sebagai salah bentuk dukungan dalam percepatan pemulihan perekonomian secara regional (kedua negara) di kawasan Asia Tenggara sejalan membantu menggerakkan sektor perdagangan, pariwisata serta sektor yang lain.

Baca Juga:
Batik Air Luncurkan Lagi Rute Internasional Terpanjang, Bali-Bangkok 4 Jam 20 Menit

Selain itu juga mendukung pengembangan potensi daerah dan negara untuk aksesibilitas pebisnis, pelancong dan logistik berbagai negara yang terhubung dari Indonesia.

Optimistis, memperkuat daya saing potensi perdagangan global (semakin efektif dan efisien).

"Ketersediaan penerbangan dengan jadwal yang tepat akan semakin membantu dalam perkembangan destinasi di Indonesia dan negara bagian Malaysia sesuai program masing-masing pemerintah. Konektivitas “Indonesia Bagian Barat” akan terbuka sebagai salah satu pusat ekonomi baru yang mempunyai keunggulan di bidang bisnis, perdagangan, industri kreatif, jasa dan sektor lainnya," urai Danang.

Saat ini Penang masih menjadi salah satu primadona bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat yang memerlukan kebutuhan wisata medis.

Banda Aceh, Ibu Kota Aceh sebagai kota tujuan menjadi salah satu pintu masuk menuju Indonesia dari wilayah bagian barat yang memiliki potensi di bidang wisata dengan keragaman sosial budaya, perikanan, alam, bahari, kuliner dan bidang lainnya.

Setiap penumpang, akan mendapatkan makanan dan minuman (inflight meals); gratis bagasi 20kg untuk kelas ekonomi dan 30kg kelas bisnis; dilengkapi hiburan gratis inflight entertainment on demand serta hiburan yang dapat diakses dari perangkat handphone dan tablet didukung oleh Tripper.

Para tamu akan dimanjakan melalui konten-konten yang tersedia seperti beragam film dengan berbagai genre seperti Indonesia, Hollywood, Korea, serta lainnya. Selain itu para tamu dapat bermain games, membaca majalah digital dan masih banyak lagi.
 
Penerbangan rute Banda Aceh – Penang PP, Batik Air akan mengoperasikan pesawat Airbus A320 (12 kursi kelas bisnis dan 144 kursi kelas ekonomi) dan Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 156 kelas ekonomi).

"Armada ini merupakan generasi modern dan baru yang dikirim dari pabrikan pesawat," ujarnya.

Seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate  Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat  diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Siklus udara dari toilet  (lavatory) dan dapur  (galley) langsung dialirkan ke luar  pesawat. (omy)