Sempat Ditutup Sejak 2021, Penerbangan Sentani-Kiwirok Dibuka Kembali

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 03/Des/2022 05:55 WIB
Penerbangan perintis di Papua Penerbangan perintis di Papua

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Bandara Kiwirok sempat ditutup sejak tahun 2021 dan  tidak lagi melayani penerbangan karena aspek keamanan. 

Baca Juga:
Ditjen Hubud Dukung Pengujian BioAvtur Pesawat

Dengan berbagai upaya Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, kini masyarakat Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang Papua dapat menikmati kembali pelayanan transportasi udara dengan dibukanya kembali penerbangan Sentani-Kiwirok-Sentani di Bandar Udara Kiwirok.

“Alhamdulillah, hari ini telah dilaksanakan penerbangan perintis subsidi dengan rute Sentani-Kiwirok pulang pergi dengan jadwal seminggu sekali menggunakan pesawat Susi Air jenis Caravan,” ujar Plt. Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono di Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga:
Ditjen Hubud Gelar Pelatihan Kehumasan di Wilayah Bandara Cilacap dan Sekitarnya

Untuk diketahui, operasional penerbangan di Bandar Udara Kiwirok sempat terhenti selama beberapa bulan karena alasan keselamatan dan keamanan, hal ini pula yang mengakibatkan sebagian warga mengungsi ke beberapa distrik di Pegunungan Bintang, salah satunya ke Oksibil. 

“Beroperasinya kembali penerbangan perintis  dari Sentani ke Kiwirok ini berkat adanya kolaborasi dan dukungan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Pegunungan Bintang, aparat TNI/Polri, Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kiwirok dan _stakeholders_ terkait lainnya,” ujarnya.

Baca Juga:
Indonesia Bareng Australia Gelar Konferensi Aviasi Keamanan Siber

Menurutnya, Ditjen Hubud terus mendukung keberlangsungan penerbangan di semua bandara dengan membuka konektifitas di daerah tertinggal, terdepan, terluar dan perbatasan (3TP). 

“Beroperasinya kembali penerbangan di bandara ini, menjadi momen yang membahagiakan bagi saudara-saudara kita di Distrik Kiwirok, karena bisa pulang rumahnya dengan selamat dan aman,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Ditjen Hubud juga memberikan bantuan sembako sebagai bentuk kepedulian kepada warga Distrik Kiwirok yang mengungsi. 

Sebagai informasi, sebelum beroperasi kembali penerbangan di Bandar Udara Kiwirok, Ditjen Hubud telah melaksanakan Focus Group Discussion tentang Keselamatan Penerbangan di UPBU Kiwirok Perspektif Keberlangsungan Transportasi Udara pada 30 November 2022. 

“Hasilnya rute Sentani-Kiwirok PP dibuka hari ini, selanjutnya masih ada lima rute di Desember ini untuk melayani mobilitas masyarakat Distrik Kiwirok dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2023,” tutupnya. (omy)