BPTJ Bersama Dishub Kota Bekasi Gelar Ramp Check di Terminal, 3 Bus Tak Laik Jalan

  • Oleh : Bondan

Rabu, 07/Des/2022 12:33 WIB
Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi menggelar ramp check dalam rangka jelang Nataru di Terminal Kota Bekasi, Rabu (7/12/2022). Foto: BeritaTrans.com. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi menggelar ramp check dalam rangka jelang Nataru di Terminal Kota Bekasi, Rabu (7/12/2022). Foto: BeritaTrans.com.

BEKASI (BeritaTrans.com) -- Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi menggelar ramp check dalam rangka jelang Nataru di Terminal Kota Bekasi, Rabu (7/12/2022).

"Hari ini kita melaksanakan ramp check, yaitu dimana persiapan kita untuk menghadapi nataru. Pelaksanaan ramp check mulai dari 7 Desember sampai 9 Desember 2022, kami bersama pihak Kementerian Perhubungan menjalankan kegiatan tersebut, diutamakan yaitu keselamatan yang dimana untuk melihat kelaikan kendaraan," jelas Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Dalam Trayek, Permana Sidik, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga:
Cegah Hal yang Tak Diinginkan, Pengurus Bus Primajasa Rutin Piket Malam di Terminal Bekasi

Menurut dia, hasil ramp check pada sejumlah bus antarkota dalampropinsi (AKDP) dan antarkota antarpropinsi (AKAP) ditemukan 3 bus yang tidak laik jalan dan 30 bus laik jalan.

"Ada beberapa kendaraan yang sudah kami uji dan ada beberapa kendaraan harus dikembalikan lagi, karena posisinya harus diperbaiki. Dua atau tiga kendaraan yang saya periksa harus dikembalikan ke pool PO masing-masing. Yang pertama ban sudah botak, baut roda yang terpasang hanya ada tiga. Pemeriksaan secara teknis mulai dari lampu, wiper, lampu sein kanan-kiri, cek seluruh rangka sasis, ban dan alat keselamatan serta APAR," tegasnya.

Baca Juga:
Ciptakan Keamanan dan Kelancaran Lalu Lintas, Petugas Dishub Bersiaga di Pintu Masuk dan Keluar Terminal Bekasi

BPTJ pantau ramp check di Terminal Kota Bekasi. Foto: BeritaTrans.com.

Lebih lanjut dia katakan, hari pertama digelarnya ramp check belum ada penindakan dan masih berupa sosialisasi ke pengurus agar kelengkapan dan perawatan bus lebih diperhatikan.

Baca Juga:
Penumpang Datang, Bus Langsung Geber dari Terminal Bekasi

"Hari pertama ramp check di Terminal Bekasi masih berupa sosialisasi dan belum ada penindakan. Kita sosialisasikan  ke semua pengurus bus agar melengkapi kelangkapan kendaraannya. Besok, kalau masih ditemukan tidak lengkapnya kendaraan saat pemeriksaan, kita lakukan penindakan. Untuk hari ini bus yang tidak laik jalan hanya kita suruh pulang ke pool masing-masing PO," pungkasnya.

Pengamatan BeritaTrans.com, bus yang telah dilakukan pemeriksaan oleh BPTJ dan Dishub Kota Bekasi serta didampingi Pengelola Terminal, bus yang dinyatakan laik jalan langsung ditempeli stiker Inspeksi Keselamatan LLAJ BPTJ-Kemenhub. (Dan)