5 Kapal Perang Taiwan Tambah Senjata Rudal Pembunuh Kapal Induk, China dalam Bahaya

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 16/Des/2022 08:59 WIB
Kapal perang kelas Tuo Chiang Taiwan akan dilengkapi dengan rudal pembunuh kapal induk. Ini akan menjadi sumber bahaya bagi kapal induk China jika konflik pecah. Foto/Tien Yu-hua/Taipei Times Kapal perang kelas Tuo Chiang Taiwan akan dilengkapi dengan rudal pembunuh kapal induk. Ini akan menjadi sumber bahaya bagi kapal induk China jika konflik pecah. Foto/Tien Yu-hua/Taipei Times

TAIPEI (BeritaTrans.com) - Militer Taiwan mengumumkan rencana untuk memutakhirkan lima korvet kelas Tuo Chiang yang akan dilengkapi rudal pembunuh kapal induk .

Keberadaan mereka akan menjadi sumber bahaya bagi kapal induk mahal China.

Baca Juga:
Pakai Kapal Perang, TNI AL Distribusi Logistik Pemilu ke Daerah Terpencil

Menurut laporan media Taiwan yang dikutip Sputnik, Selasa (13/12/2022), lima korvet—kapal perang kecil dengan bobot 685 ton—kelas Tuo Chiang yang tersisa dalam pesanan, masing-masing akan dimuati dengan delapan rudal anti-kapal supersonik Hsiung Feng III (Brave Wind).

Rudal pembunuh kapal induk ini adalah salah satu yang paling berbahaya di gudang senjata Taiwan, mendorong hulu ledak kelas 500 pound dengan kecepatan hingga 2,5 kali kecepatan suara, untuk menyerang target permukaan pada jarak hingga 250 mil.

Baca Juga:
Rusia Kerahkan 11 Kapal Perang Tambahan di Laut Hitam untuk Serang Ukraina

Pada kecepatan dan jarak itu, rudal tersebut akan menimbulkan ancaman eksistensial bagi kapal perang yang jauh lebih besar darinya, bahkan kapal induk China yang masing-masing bobotnya dapat mencapai 85.000 ton, karena kesulitan pertahanan udara untuk melawannya.

Selain rudal canggih, kapal perang kelas Tuo Chiang yang akan dioperasikan Taiwan akan mendapatkan empat rudal anti-kapal Hsiung Feng II yang lebih tua dan 16 rudal surface-to-air Ha-Chien II.

Baca Juga:
China Bikin Kapal Perang Super Ala Star Wars Gantikan Peran Kapal Induk

Ketiga kapal kelas Tuo Chiang yang sudah selesai dibangun memiliki muatan senjata yang sedikit lebih ringan, tetapi tetap menjadi senjata ampuh.

Memasang kapal lincah seperti korvet dengan senjata "shoot-and-scoot" yang kuat seperti rudal adalah bagian dari strategi perang asimetris yang semakin dikejar oleh Taipei karena ketakutannya akan konflik dengan China tumbuh.

Amerika Serikat telah mendorong pemikiran asimetris di Taiwan, sebagian dimotivasi oleh konflik di Ukraina, di mana AS telah memasok Kiev dengan senjata pengepungan dan penyergapan dalam jumlah besar seperti rudal anti-tank yang ditembakkan di bahu dan artileri roket HIMARS.

AS telah menjual berbagai senjata anti-kapal dan anti-udara kepada Taipei dalam beberapa tahun terakhir, dan mendorong Taipei untuk meningkatkan korps pertahanan sipilnya jika terjadi invasi China.

Beijing menganggap Taiwan sebagai provinsinya yang bandel dan melihat pemerintah Taipei sebagai sisa-sisa bekas Republik China, yang tetap hidup dengan dukungan dari kekuatan asing seperti AS.

AS telah menegaskan dukungannya terhadap Taiwan, sebuah masyarakat kapitalis dengan pemerintahan demokrasi liberal gaya Barat, sebagai senjata utama dalam "persaingan kekuatan besar" dengan China.

Ironisnya, bagaimanapun, Washington secara resmi mengakui posisi China di Taiwan dan setuju dengan kebijakan "Satu-China" Beijing.

Pengumuman dari militer Taiwan ini muncul di tengah laporan bahwa Jepang juga sedang berusaha untuk membeli ratusan rudal jelajah Tomahawk dari Amerika Serikat.

Rudal jarak jauh, yang dapat menyerang target 1.000 mil jauhnya, juga sedang dicari Tokyo sebagai tanggapan atas meningkatnya ketegangan di Taiwan, serta dengan Korea Utara.(fhm/sumber:sindonews)