Di Tengah Meningkatnya Jumlah Penumpang, Layanan Angkutan Nataru di Sorong Berjalan Lancar

  • Oleh : Naomy

Minggu, 25/Des/2022 09:45 WIB
Sesjen Kemenhub di Sorong, Papua Sesjen Kemenhub di Sorong, Papua


SORONG (BeritaTrans.com) – Tren jumlah penumpang angkutan umum di Sorong, Papua mengalami peningkatan yang signifikan di masa libur natal dan tahun baru (Nataru) kali ini.

“Berdasarkan pantauan yang kami lakukan di pelabuhan dan bandara, walaupun di tengah jumlah penumpang mengalami peningkatan, namun secara umum pelayanan angkutan umum berjalan lancar, aman, dan terkendali,” ujar Sekretaris Jenderal Novie Riyanto di Sorong, Papua, Ahad (25/12/2022).

Baca Juga:
Novie Riyanto Jabat Komisaris Utama Angkasa Pura I

Sesjen Novie meninjau ke Pelabuhan Sorong dan Bandara Domine Eduard Osok (DEO), guna monitoring dan evaluasi angkutan Nataru.

Di Bandara DEO, terdapat tren kenaikan penumpang angkutan udara yang didominasi rute dari dan menuju Ambon, Makassar, dan Jakarta. 

Baca Juga:
Menhub Bertemu Dubes Arab Saudi, Bahas Peningkatan Kerja Sama Layanan Transportasi, Investasi, dan Pariwisata

“Pihak pengelola bandara (Unit Pelaksana Bandar Udara/UPBU) Sorong telah berkoordinasi dengan maskapai untuk menyiagakan pesawat tambahan, guna mengantisipasi lonjakan penumpang,” ujar Novie.

Sementara itu, di Pelabuhan Sorong, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kapal, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sorong, telah menyiagakan kapal navigasi dan kapal kesatuan penjaga laut dan pantai (KPLP), yang akan digunakan sebagai kapal cadangan apabila kapasitas kapal penumpang tidak memadai. 

Baca Juga:
Pengaturan Penerbangan di Hari Puncak Kepulangan Delegasi G20 di Bali Berjalan Lancar

“Tetapi sampai saat ini, kapal penumpang yang ada, masih mampu melayani lonjakan penumpang yang terjadi,” katany.

Berdasarkan data, jumlah kapal yang beroperasi di Pelabuhan Sorong sebanyak 57 kapal, atau meningkat 21,28% dari jumlah kapal pada nataru tahun sebelumnya yaitu sebanyak 47 kapal. 

Untuk jumlah penumpang kapal secara total juga mengalami peningkatan 80,88% atau 26.550 penumpang dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 14.678 penumpang.

Seperti diketahui, pada umumnya saat libur Nataru penumpang di bandara-bandara dan pelabuhan di Indonesia bagian timur cenderung meningkat.

Kebanyakan masyarakat wilayah timur Indonesia itu merayakan Natal.

Turut hadir dalam peninjauan, Staf Ahli Bidang Logistik dan Multimoda Perhubungan Robby Kurniawan. (omy)