Menhub Bertemu Dubes Arab Saudi, Bahas Peningkatan Kerja Sama Layanan Transportasi, Investasi, dan Pariwisata

  • Oleh : Naomy

Minggu, 23/Jul/2023 07:10 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi dan Dubes Arab Saudi beserta pendamping Menhub Budi Karya Sumadi dan Dubes Arab Saudi beserta pendamping


 
JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto dan Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi di Jakarta, Jumat (21/7/2023) malam. 

Pertemuan tersebut membahas peningkatan konektivitas dan pariwisata, termasuk penerbangan untuk umroh dan haji.
 
“Hubungan baik antara Indonesia dengan Arab Saudi terjalin sejak lama dan kami secara intens melakukan pertemuan. Pada pertemuan kali ini saya menemui Dubes Arab Saudi untuk membicarakan peluang peningkatan layanan transportasi untuk umroh dan haji,” urai Menhub.
 
Dia mengatakan, peluang untuk meningkatkan layanan penerbangan untuk umroh dan haji semakin terbuka lebar pasca pandemi Covid-19. 

Baca Juga:
Kemenhub Tetapkan 17 Bandara Internasional

Dia menyebut, momentum ini harus dapat dimanfaatkan dengan baik, untuk memulihkan industri penerbangan nasional.
 
“Beberapa waktu lalu kami telah upayakan Bandara Kertajati untuk melayani penerbangan umroh dan haji, yang Alhamdulillah bisa terwujud. Selanjutnya kita akan upayakan Bandara Dhoho Kediri, yang Insha Allah dapat melayani penerbangan umroh tahun depan setelah bandara resmi dioperasikan,” tuturnya.
 
Selain membahas penerbangan umroh dan haji, perbincangan dengan Dubes Arab Saudi juga membicarakan upaya peningkatan kunjungan pariwisata antar kedua negara. 

Indonesia menyampaikan niatnya untuk membuka penerbangan ke Thaif, Arab Saudi. Thaif dipilih karena relatif tidak terlalu ramai ketimbang Mekkah. 

Baca Juga:
Menhub Sebut Pembangunan Bandara IKN Berjalan Sesuai Rencana

"Kami juga mempersilakan Arab Saudi jika ingin membuka penerbangan ke Indonesia, termasuk ke Kertajati, Bali dan di lain tempat," ujar Menhub.
 
Sekretaris Jenderal Novi Riyanto menambahkan, dalam pertemuan tersebut juga menawarkan pihak Arab Saudi untuk berinvestasi dalam proyek pembangunan infrastruktur Transportasi di Indonesia. 

“Skema yang kami tawarkan yaitu melalui Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU),” katanya.
 
Selain itu, dalam pertemuan tersebut disinggung tentang upaya meningkatkan kunjungan antarkedua negara. 

Baca Juga:
Presiden Joko Widodo Resmikan Bandara Panua Pohuwato, Gorontalo

"Salah satunya antara lain adalah upaya untuk saling mempermudah pengurusan visa," ucapnya.
 
Sebelumnya, Menhub secara intensif melakukan sejumlah pertemuan dengan pihak pemerintah Arab Saudi baik di dalam negeri maupun kunjungan ke luar negeri. 

Pada Desember 2022, Menhub bertolak langsung ke Arab Saudi untuk menawarkan peningkatan kerja sama penerbangan umroh, haji, dan pariwisata. (omy)