BMKG: Jabodetabek Berpotensi Diguyur Hujan Ekstrem Jelang Pergantian Tahun, Ini Prakiraannya!

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 29/Des/2022 15:25 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan perkiraan cuaca untuk wilayah Jabodetabek hari ini hingga 1 Januari 2023 mendatang. BMKG memprediksi Jabodetabek berpotensi diguyur hujan lebat pada 30 Desember 2022 besok.

"Prakiraan curah di Jabodetabek untuk besok tanggal 30 Desember. Ini hasil pemodelan, Jabodetabek itu kebanyakan pink sama merah dan itu merata sehingga ini yang perlu diwaspadai, ini hujan ya bukan badai. Intensitasnya bisa ekstrem," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga:
BMKG: Indonesia Bakal Terjadi Kemarau Kering Karena Fenomena El Nino

Prakiraan Cuaca Jabodetabek tanggal 29 Desember 2022, potensi Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. 

Potensi hujan dengan intensitas SEDANG berada di Tangerang, sebagian Bogor, dan Depok. Potensi hujan LEBAT terdapat di sebagian besar DKI Jakarta, Kota Tangerang, dan Bekasi.

Baca Juga:
Update Gempa Bumi Magnituto 7,3 di Mentawai, Ini Penjelasan BMKG!

Prakiraan Cuaca Jabodetabek tanggal 30 Desember 2022, berpotensi Hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat terdapat di sebagian besar Jabodetabek.


Prakiraan Cuaca Jabodetabek tanggal 31 Desember 2022, berppotensi Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Potensi hujan dengan intensitas ringan berada di sebagian Tangerang, Depok, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Bekasi bagian tengah. Potensi hujan Sedang terdapat di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bogor, dan Bekasi bagian selatan. Potensi hujan Lebat terdapat di Kepulauan Seribu dan Bekasi bagian utara.

Baca Juga:
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Buruk di NTT dan NTB Hingga 11 April

Prakiraan Cuaca Jabodetabek tanggal 01 Januari 2023, berpotensi Hujan dengan intensitas ringan.

Dwikora juga menyampaikan adanya daerah di Jabodetabek yang akan terjadi atau berpotensi terjadinya cuaca ektrem pada 30 Desember 2022 besok.

"Jadi yang perlu diwaspadai itu di Kabupaten Bekasi bagian utara," ucap Dwikorita.

BMKG juga memprediksi hujan sangat lebat berpotensi mengguyur wilayah Jakarta Barat bagian utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kota Bekasi.

"Untuk potensi hujan lebat, berpotensi terjadi di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kabupaten Bogor bagian selatan, Depok, dan Jakarta Pusat," ujarnya.

Dwikorita mengatakan hujan di Jabodetabek itu mulai menguat pada sore hari dan berlangsung terus sampai dini hari usai pergantian hari ke tanggal 31 Desember 2022. BMKG mengimbau warga agar merencanakan kegiatannya dengan menyesuaikan akan prediksi cuaca tersebut.

"Maksudnya agar ibu bapak merencanakan kegiatannya dengan beradaptasi dengan kondisi tersebut," imbuhnya.(fhm)