Batik Air Buka Penerbangan Yogyakarta ke Singapura Langsung Tanpa Transit, Ini Jadwalnya

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 24/Janu/2023 13:18 WIB
Dok. Batik Air Dok. Batik Air

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Batik Air akan membuka penerbangan berjadwal tanpa transit (langsung) pergi pulang (PP) dari Bandara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA) menuju Bandara Internasional Changi di Singapura (SIN). 

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro menyatakan, penerbangan perdana Batik Air internasional tersebut dijadwalkan mulai 30 Januari 2023 mendatang.

Baca Juga:
Batik Air Resmi Layani Penerbangan Rute Surabaya - Pangkalan Bun

"Antusias pebisnis dan wisatawan ke Singapura dan Yogyakarta semakin tinggi. Batik Air terbang Non-Stop dengan jadwal penerbangan saling terhubung antardestinasi," ujar Danang, Selasa (24/1/2023).

Dijelaskan Danang, Batik Air memahami antusias permintaan perjalanan semakin meningkat terutama di destinasi dengan trafik penerbangan yang tinggi dari Indonesia bagian tengah. Rute baru pertama internasional ke Negeri Singa dari Yogyakarta oleh Batik Air ini menawarkan pilihan baru yang saling terhubung bagi pelancong dan pebisnis yang berasal dari Jogja, Solo, Magelang, Purworejo, Purwokerto dan daerah di sekitar dapat melanjutkan penerbangan menuju Singapura.

Baca Juga:
Batik Air Layani Rute Surabaya-Pangkalan Bun Mulai 16 Februari

Adapun Jadwal Batik Air Singapur -Yogyakarta PP adalah sebagai berikut:

  • Rute Yogyakarta Kulonprogo (YIA) – Singapura (SIN) dengan nomor penerbangan ID-7297, akan dijadwalkan berangkat pukul 06.00 dan tiba 09.00. Penerbangan ini tersedia pada hari Senin, Rabu, Jumat, Minggu.
  • Rure Singapura (SIN) – Yogyakarta Kulonprogo (YIA) dengan nomor terbang ID-7296, akan dijadwalkan berangkat pukul 10.00 dan tiba 11.00. Penerbangan ini tersedia pada hari Senin, Rabu, Jumat, Minggu.

Penerbangan non-stop (tanpa transit) Jogja – Singapura – Jogja yang menghubungkan kota-kota lainnya diharapkan memberikan nilai lebih, karena akan semakin memperlancar dan mempermudah mobilitas masyarakat, wisatawan dan pebisnis dari Indonesia dan menarik wisatawan luar negeri dan pebisnis untuk berkunjung ke Indonesia. 

Baca Juga:
Batik Air Terbangi Batam - Kuala Lumpur Mulai 17 Februari

"Penerbangan Singapura ke Jogja menjadi salah satu program kampanye Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) untuk mendongkrak jumlah wisatawan asing (wisman)," imbuh Danang.

Danang juga menambahkan, rute ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap penyelenggaraan agenda TRAVEX (Travel Exchange) ATF di Jogja Expo Centre 2-5 Februari 2023 dan Candi Prambanan sebagai lokasi Opening Ceremony of ASEAN Tourism Forum 2023, yang bertemakan “ASEAN: A Journey to Wonderful Destinations”.

Rute Yogyakarta - Singapura PP dipersiapkan pesawat jenis Boeing 737-800NG dengan12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi. 

Diketahui, Yogyakarta ke Singapura adalah rute ke-5 setelah Jakarta, Medan Kualanamu, Surabaya dan Makassar. Mendatang, penambahan rute internasional menuju Singapura dari kota-kota lain di Indonesia dikembangkan berdasarkan permintaan pasar penerbangan domestik dan internasional.(fhm)