Awak Kapal Patroli KPLP Dibekali Kemampuan Boarding Officer

  • Oleh : Naomy

Selasa, 24/Janu/2023 15:41 WIB
Capt. Mugen Sartoto saat membuka Boarding Officer Capt. Mugen Sartoto saat membuka Boarding Officer

MANADO (BeritaTrans.com) -  Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) meningkatkan performa kemampuan pertahanan awak kapal negara untuk melayani kebutuhan masyarakat pengguna jasa transportasi laut yang responsif. 

Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan “Peningkatan Keterampilan Boarding Officer KPLP” di  Manado dan Daerah Lingkungan Kerja Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kelas II Bitung, Sulawesi Utara 24 - 28 Januari 2023.
 
Direktur KPLP Capt. Mugen S Sartoto menyampaikan, pelaksanaan Boarding Officer pada kesempatan ini mengambil tema “Peningkatan Kompetensi Personel Boarding Officer Melalui Mitigasi Risiko, mewujudkan KPLP Yang Responsif Dalam Mendukung Keselamatan dan Keamanan Pelayaran".

Baca Juga:
Tim Aksi Cepat Kemenhub Berhasil Evakuasi Kapal Kargo MSC Faith Kandas di Perbatasan Indonesia - Singapura

"Dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum di laut, personel KPLP harus cekatan, profesional dan menguasai aturan-aturan yang belaku dalam dunia maritim. Selain itu, personel juga harus dibekali dengan pengetahuan keterampilan khusus, yang dapat membantu dalam menjalankan tugas operasi di perairan dalam menghadapi ancaman, salah satunya adalah keterampilan Boarding Officer," tegas Capt. Mugen di Manado, Selasa (23/1/2023).

Boarding Officer merupakan bentuk keterampilan yang sangat bermanfaat dan cocok bagi awak kapal negara untuk mempelajari tentang bagaimana teknik-teknik menghindari serangan dan melumpuhkan lawan.

Baca Juga:
Masuki Usia 50 Tahun, KPLP Semakin Responsif

Selain itu juga bila menghadapi ancaman bahaya pada saat melakukan operasi di perairan dalam kondisi darurat dan terdesak.

Dia menegaskan, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, memiliki tanggung jawab untuk menyelenggarakan Pelatihan Keterampilan Boarding Officer yang bertujuan untuk membentuk SDM Awak Kapal Negara Patroli KPLP yang selalu siap siaga, terampil dan cekatan dalam menghadapi situasi ancaman-ancaman kejahatan, yang kerap terjadi di laut, pantai maupun di pelabuhan.

Baca Juga:
Kemenhub Tandatangani Kontrak Paket 5 Pembangunan Pelabuhan Patimban: Konstruksi Car Terminal

Pemerintah memiliki komitmen menjamin pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran mutlak di lakukan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

"Dengan begitu, para pengguna Jasa Transportasi Laut merasa nyaman dan aman dalam melakukan kegiatannya," ujarnya.

Capt. Mugen menyempatkan melakukan kunjungan ke Dermaga Kapal Negara Pangkalan PLP Kelas II Bitung dalam rangka meninjau kesiapan para pasukan dan pengecekan Armada Kapal patroli yang ada di Pangkalan.

Dalam kesempatan tersebut, Kasubdit Patroli dan Pengamanan KPLP, M Hermawan mengatakan, peserta kegiatan Peningkatan Keterampilan Boarding Officer ini adalah para Awak Kapal Negara Patroli pada Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Materi yang diberikan adalah "Filosofi Penjagaan Laut dan Pantai Dalam Memainkan Peran Polisionel dan Kontrabulari Selaku Boarding Officer" dan "Etika, Persiapan dan Prosedur Pemeriksaan, Prosedur dan Konsep Taktis Boarding Officer.

"Metodenya adalah pemberian materi di kelas, praktik di aula dan praktik di atas kapal dengan skenario. Peserta Pembentukan Keterampilan Boarding Officer diberikan Sertifikat setelah evaluasi," ungkap Hermawan.

Kepala Pangkalan PLP Kelas II Bitung Sabar Maima Hasugian menyambut baik adanya pelatihan tersebut. 

Sebagai informasi PLP Kelas II Bitung merupakan salah satu Pangkalan PLP yang memiliki perlengkapan pelatihan Boarding Officer dari lima Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai di seluruh Indonesia.

"Kita harus terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan para petugas di lapangan untuk meningkatkan pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran," ujar Sabar.

Dia juga menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai kesiapan dan pengecekan sebelum dan selama latihan berlangsung.

"Kami sudah melakukan berbagai kesiapan guna mendukung kelancaran acara," tutupnya.
 
Pelatihan Boarding Officer ini akan diakhiri dengan kegiatan praktik atau drill exercise di laut tepatnya di sekitar Pelabuhan Bitung dengan menggunakan Kapal Negara milik Pangkalan PLP Kelas II Bitung yaitu KN. Gandiwa - P.118 dan KN-P.331.
 
Pada pembukaannya, kegiatan ini turut dihadiri beberapa Kepala UPT Ditjen Perhubungan Laut yang ada di Sulawesi Utara seperti Kepala KSOP Kelas II Bitung, Kepala KSOP Kelas III Manado dan Kepala Distrik Navigasi Type A Bitung/Manado. (omy)