Jos, Bandara Kualanamu Tambah Fasilitas: Jalur Khusus Jamaah Umroh

  • Oleh : Naomy

Rabu, 25/Janu/2023 14:54 WIB
Penumpang di Bandara Kualanamu Penumpang di Bandara Kualanamu


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bandara Kualanamu, Deli Serdang Sumatera Utara kelolaan anak usaha PT Angkasa Pura II yakni PT Angkasa Pura Aviasi menghadirkan beragam fasilitas bagi penumpang pesawat.

Terbaru adalah area dan jalur khusus bagi jamaah umroh. 

Baca Juga:
Bandara Angkasa Pura II Siap Sambut Arus Balik dengan Layanan Optimal

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, Bandara Kualanamu saat ini telah menjadi hub internasional untuk penerbangan umroh. 

“Jamaah umroh dari kota-kota lain di Sumatera yang menggunakan Lion Air dipusatkan keberangkatannya di Bandara Kualanamu untuk menuju Tanah Suci, sehingga penerbangan umrah meningkat dan AP II menyiapkan layanan khusus guna memberikan pelayanan bagi jamaah umroh," ungkap Awaluddin, Rabu (25/1/2023).

Baca Juga:
Menhub Apresiasi Kolaborasi Stakeholder Bandara Soekarno-Hatta di Tengah Angleb

Layanan khusus bagi jamaah umroh di Bandara Kualanamu, mulai dari area tunggu khusus, konter check in khusus, hingga jalur pemeriksaan khusus. 

Pihaknya berharap layanan ini dapat membuat jamaah umroh dapat nyaman dalam melakukan perjalanan ibadah mulai dari bandara keberangkatan.

Baca Juga:
Arus Mudik Bandara Soekarno-Hatta Naik 9%

Di samping untuk jamaah umroh, Bandara Kualanamu juga menyediakan fasilitas VVIP bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI). 

"Fasilitas VVIP bagi PMI ini merupakan wujud dari kolaborasi Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dengan AP II dan stakeholder lain di Bandara Kualanamu," kata dia. 

Fasilitas VVIP yang disediakan bagi PMI itu adalah VVIP Lounge yang menyediakan berbagai kebutuhan, serta jalur VVIP untuk memproses keimigrasian. 

Sejak Juli 2022, Bandara Kualanamu juga telah menjalankan program quick win dalam mempercantik terminal penumpang di antaranya melalui inisiatif pembersihan mendalam (Terminal Deep Clean and Diamond Polish).

Selain itu inisiatif beautifikasi (Airport Beautification Initiatives) dan peningkatan infrastruktur layanan (Airport Repair Refurbishment) seperti mulai dari peningkatan toilet, area bermain anak, lokasi parkir hingga karpet di terminal. (omy)