Tambah Frekuensi Terbang, Lion Air Berangkatkan Lagi 212 Jamaah Umrah dari Padang Senin Ini

  • Oleh : Fahmi

Senin, 30/Janu/2023 14:27 WIB
Lion Air. (Airbus) Lion Air. (Airbus)

PADANG (BeritaTrans.com) - Mulai hari ini, Senin (30/1/2023) Lion Air menambah frekuensi terbang untuk jamaah umrah, sebanyak dua kali dalam sepekan dari Sumatera Barat melalui Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman (PDG).

Penerbangan perdana kedua awal 2023 ini pada Senin (30/1/2023) dijadwalkan terbangkan memberangkatkan sebanyak 212 jamaah.

Baca Juga:
Lion Air Layani Rute Lombok - Makassar Mulai 27 Maret

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menyatakan perkembangan penerbangan umrah dari Padang sebagai embarkasi ke-6 sejak 03 Januari 2023 terus menunjukkan peningkatan.

"Lion Air menambah frekuensi yerbang umrah dari Padang. Kesempatan perjalanan Ibadah ke Arab Saudi semakin besar dan mudah," ujar Danang, Senin (30/1/2023).

Baca Juga:
Pesawat Lion Air Surabaya-Jeddah Berputar-putar di Langit Binjai, Ternyata ini Penyebabnya

Danang mengatakan, pelaksanaan umrah 2023 melalui embarkasi Padang sebagai bentuk kesungguhan Lion Air dalam mengakomodir dan memfasilitasi kebutuhan perjalanan ibadah. 

"Layanan umrah mengupayakan tingkat kinerja ketepatan waktu (on time performance/ OTP) lebih dari 94%. Keseriusan ini seiring bentuk memberikan layanan terbaik kepada jamaah umrah," kata Danang.

Baca Juga:
Lion Air Resmi Terbangi Langit Ternate - Jakarta

Penerbangan akan menuju dua bandara besar di Saudi Arabia, yaitu Bandara Internasional King Mohammad bin Abdul Aziz, Madinah (MED) dan Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah (JED).

Adapun jadwal terbang umrah Lion Air dari dan ke Padang ialah

  • Rute Padang (PDG) – Madinah (MED) program 13 hari, dengan nomor terbang JT-082 akan dijadwalkan berangkat pukul 08.10 dan tiba 13.22 waktu setempat. Penerbangan ini tersedia setiap Senin.
  • Rute Jeddah (JED) – Padang (PDG) dengan nomor terbang JT-077 akan dijadwalkan berangkat pukul 19.05 dan akan tiba 08.15. Penerbangan ini tersedia setiap Sabtu.
  • Rute Padang (PDG) – Madinah (MED) dengan program 11 hari, dengan nomor terbang JT-070 akan dijadwalkan berangkat pukul 10.50 dan tibanl 17.45. Penerbangan ini tersedia setiap Selasa.
  • Rute Jeddah (JED) – Padang (PDG) dengan nomor terbang JT-071, akan dijadwalkan berangkat pukul 18.30 dan tiba pukul 09.25. Penerbangan ini akan ada setiap Rabu.

Lion Air berharap senantiasa berupaya melayani jamaah dengan pelayanan terbaik. Bersama mitra perjalanan (tour and travel) Lion Air mendukung pelaksanaan beribadah ke tanah suci dengan menawarkan kemudahan konektivitas. Penerbangan umrah melalui Bandar Udara Internasional Minangkabau akan membantu masyarakat yang berasal dari Padang, Padang Pariaman, Bukittinggi, Solok, Sawahlunto, Payakumbuh, Kepulauan Mentawai, Kerinci, Bungo, Bengkulu dan daerah lain.

Untuk mengakomodir jamaah umrah, Lion Air mengoperasikan jenis pesawat berbadan lebar (wide body) Airbus 330-900NEO (berkapasitas 436 kursi kelas ekonomi) dan Boeing 737-9 (215 kursi kelas ekonomi). 

"Pesawat Airbus 330 dan Boeing 737 mempunyai tingkat keamanan dan keselamatan tinggi. Dalam memastikan aspek kesehatan, pesawat dilengkapi sistem sirkulasi udara terjaga baik. Seluruh armada Lion Air dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat," jelas Danang.

HEPA filter dijelaskan Danang membantu menjaga kebersihan udara di kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Siklus udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.

Ditambahkannya, Lion Air menawarkan layanan mencakup bagasi, dua kali makanan dan minuman di dalam pesawat (inflight meals) didukung kemudahan komunikasi awak kabin yang diprioritaskan berasal dari wilayah setempat.

Diketahui, menurut Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri mencatat pada Juni 2022, jumlah penduduk muslim Sumatera Barat 5,49 juta jiwa dengan prosentase 97,59% serta provinsi terdekat yaitu Bengkulu 97,69% total 1.999.813 jiwa.
(Fhm)