Batik Air Resmikan Rute Baru Internasional Yogya ke Singapura dan Malaysia Tanpa Transit

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 02/Feb/2023 11:06 WIB
Peresmian terbang perdana Batik Air Internasional di Bandara Yogyakarta. Peresmian terbang perdana Batik Air Internasional di Bandara Yogyakarta.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Batik Air  menambah rute baru internasional terbang langsung tanpa transit ke Bandara Changi di Singapura (SIN) dan Bandara Kuala Lumpur, Malaysia (KUL). 

Penerbangan tesebut diresmikan pada penerbangan perdananya sesuai jadwal yang sudah ditentukan yaitu pada akhir Januari lalu.

Baca Juga:
Batik Air Tawarkan Liburan Murah ke Luar Negeri dari Pekanbaru, PP dan Nginap 3 Hari di Kualalumpur Mulai Rp 826 Ribu

"Penerbangan perdana dilayani tanpa transit (langsung) pergi pulang (PP) dari Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA). Mulai 30 Januari 2023 menuju Bandar Udara Internasional Changi di Singapura (SIN) durasi terbang 2 jam 5 menit," ujar Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro kepada media Kamis (2/2/2023).

Dilanjutkannya penerbangan ke Bandara Kuala Lumpur mulai 31 Januari 2023 menuju Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia (KUL) dengan durasi terbang 2 jam 25 menit. 

Baca Juga:
Batik Air Buka Rute Terbang Kualanamu-Penang Malaysia, Ini Jadwalnya!

Dijelaskan Danang, alasan Batik Air membuka rute internasional dari Yogyakarta diharapkan dapat berkontribusi terhadap penyelenggaraan agenda TRAVEX (Travel Exchange) ATF di Jogja Expo Centre 2-5 Februari 2023 dan Candi Prambanan sebagai lokasi Opening Ceremony of ASEAN Tourism Forum 2023, yang bertemakan “ASEAN: A Journey to Wonderful Destinations”.

"Penerbangan Singapura dan Kuala Lumpur ke Jogja menjadi bagian mendukung pemerintah melalui salah satu program kampanye Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) untuk mendongkrak jumlah wisatawan asing (wisman)," imbuh Danang.

Baca Juga:
Dukung Kalteng Expo 2023, Batik Air Sediakan 5.616 Kursi Domestik dan Aksesibilitas 67.392 Kursi Rute Internasional

Innaugural flight di Bandara Yogyakarta Kulonprogo disambut dan diresmikan oleh Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Ni Made Ayu Marthini; Direktur Regional I Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, R.Wisnu Sindhutrisno; Pj. Bupati Kulonprogo, Drs. Tri Saktiyana, M.Si; Sekretaris Dinas Pariwisata Kulonprogor, Anita Perawati; PLT. Direktur Utama Batik Air, Capt. Zwingly Silalahi; Kepala Dinas Perhubungan Kab. Kulonprogo, Drs. Lucius Bowo Pristiyanto; General Manager PT Angkasa Pura 1 Yogyakarta International Airport, Marsma Agus Pandu Purnama; General Manager Perum LPPNPI Yogyakarta – AirNav Indonesia, Samsu Eriyanto; Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Najarudin Safaat; General Manager Hotel Grand Mercure-Ibis Adi Sucipto, Rulvastina Randy; General Manager Hotel Cordia Yogyakarta, Asep Baramukti; General Manager Hotel Grand Dafam Signature, Henky Tambayong; Area Manager Batik Air Yogyakarta, Widi Wiyanti; Station Manager Batik Air Yogyakarta, Ri Paduka beserta jajaran manajemen dan operasional Batik Air. Turut hadir juga tamu undangan.

Jadwal Terbang

Adapun Jadwal Terbang Batik Air Kualalumpur-Yogyakarta PP adalah sebagai berikut:

  • Rute Yogyakarta Kulonprogo (YIA) – Kuala Lumpur (KUL) dengan nomor penerbangan ID-7187, yang akan dijadwalkan berangkat pukul 07.00 dan tiba 10.20. Penerbangan ini tersedia setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.
  • Rute Kuala Lumpur (KUL) – Yogyakarta Kulonprogo (YIA) dengan nomor penerbangan ID-7186, akan dijadwalkan berangkat pukul 11.05 dan tiba 12.20. Penerbangan ini juga tersedia setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Adapun Jadwal Batik Air Singapur -Yogyakarta PP adalah sebagai berikut:

  • Rute Yogyakarta Kulonprogo (YIA) – Singapura (SIN) dengan nomor penerbangan ID-7297, akan dijadwalkan berangkat pukul 06.00 dan tiba 09.00. Penerbangan ini tersedia pada hari Senin, Rabu, Jumat, Minggu.
  • Rure Singapura (SIN) – Yogyakarta Kulonprogo (YIA) dengan nomor terbang ID-7296, akan dijadwalkan berangkat pukul 10.00 dan tiba 11.00. Penerbangan ini tersedia pada hari Senin, Rabu, Jumat, Minggu.

Batik Air akan mengoperasikan pesawat jenis Boeing 737-800NG dengan 12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi dalam mengakomodir penerbangan Jogja ke Kuala lumpur dan Singapura PP.(fahmi)