INACA Prihatin Peristiwa Pembakaran Pesawat Susi Air di Papua

  • Oleh : Naomy

Kamis, 09/Feb/2023 15:23 WIB
Pesawa Susi Air (ilustrasi/dok) Pesawa Susi Air (ilustrasi/dok)


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Asosiasi maskapai penerbangan nasional Indonesia (INACA) prihatin dan menyayangkan tindakan pembakaran pesawat Susi Air PK - BVY di Lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan Selasa (7/2/2023) oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Ketua Umum INACA, Denon Prawiraatmadja mengharapkan, peristiwa ini dapat segera diselesaikan  dengan tuntas, sehingga penerbangan dari dan ke Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan dapat beroperasi kembali.

Baca Juga:
Tiket Penerbangan Internasional Akan Naik 5 Persen?

"Keamanan penerbangan khususnya di Papua dan Indonesia pada umumnya untuk dapat terus ditingkatkan agar kejadian serupa tidak terulang kembali," ucap Denon, Kamis (9/2/2023).

Menurutnya, keamanan dan keselamatan penerbangan merupakan tanggung jawab bersama semua pihak. 

Baca Juga:
INACA: Dampak Keterbatasan Jumlah Pesawat, Target Penumpang Tahun 2023 Tidak Tercapai

Terkait dengan hal tersebut, INACA akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) untuk membahas peningkatan keamanan penerbangan nasional, khususnya di Papua.

Transportasi udara sangat diperlukan  untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di Papua. 

Baca Juga:
Susi Air Kembali Layani Penerbangan Kerinci-Jambi Mulai Januari

"Untuk itu operasionalnya diharapkan dapat terlaksana dengan lancar, kontinyu serta terjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanannya bagi semua pihak," pungkasnya. (omy)

.