Satlantas Polres Jakpus Edukasi dan Bagikan Sembako ke Pengendara di Operasi Keselamatan 2023

  • Oleh : Bondan

Kamis, 09/Feb/2023 22:22 WIB
Wakasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat AKP Linda. Foto: istimewa. Wakasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat AKP Linda. Foto: istimewa.

JAKARTA (BeritaTrans.com) — Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat (Jakpus) melaksanakan Operasi Keselamatan Jaya 2023 selama 14 hari, mulai tanggal 7 hingga 20 Februari 2023.

Wakasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat AKP Linda mengatakan sebanyak 25 personel diterjunkan untuk memberikan edukasi kepada pengendara. Pada pelaksanaan operasi ini akan mengedepankan tindakan simpatik, persuasif dan humanis.

Baca Juga:
Satlantas Pandeglang Goes To School, Edukasi Peran ETLE dan Keselamatan Berlalulintas ke Pelajar SMKN 2

“Jadi kita sudah mulai melakukan operasi Keselamatan Jaya yang sudah dimulai sejak tanggal 7-20 Februari 2023, sasaran dari Operasi ini kami akan memberikan edukasi tentang tertib berlalu lintas di dalam menjaga keselamatan,” ucap AKP Linda.

Terkait dengan waktu pelaksanaan Operasi Keselamatan Jaya, Linda bilang akan dilakukan secara situasional melihat situasi di lapangan. Ada beberapa titik lokasi yang menjadi perhatian antara lain Patung Tani, Senen, Jembatan Merah dan Gunung Sahari.

Baca Juga:
Personel Satlantas Polres Metro Bekasi Kota Berikan Teguran ke 40 Pengendara Pelanggar di Operasi Keselamatan Jaya 2023

Menurutnya, sesuai amanah Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran, salah satu dari penyebab utama kecelakaan berlalu lintas adalah karena rendahnya kesadaran terutama pada kasus pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengendara (human error).

Dalam kegiatan ini juga pihak kepolisian memberikan edukasi dengan menyebar brosur yang berisikan keselamatan dan jenis pelanggaran serta pembagian sembako yang bertujuan untuk meringankan beban mereka saat sedang mencari nafkah di jalan.

Baca Juga:
Satlantas Polres Madiun Kota Berikan Hadiah ke Pengendara Patuh dan Tertib

“Dalam operasi ini kami juga membagikan brosur tentang Operasi Keselamatan Jaya dan beberapa sembako kepada masyarakat yang dilihat kurang mampu seperti pengendara Bajaj dan ojek online semoga bermanfaat,” tuturnya.

Linda berharap dengan pelaksanan Operasi Keselamatan Jaya 2023 ini, kesadaran masyarakat dapat semakin tinggi dan tetap mengutamakan keselamatan berlalu lintas hingga diharapkan angka kecelakaan maupun kemacetan dapat diminimalisir khususnya di wilayah Jakarta Pusat. (Dan)