Kembangkan Simulator, PIP Makassar Kerja Sama dengan NewGen Information and Service Korsel

  • Oleh : Naomy

Rabu, 15/Mar/2023 06:35 WIB
Kerja sama pengembangan simulator untuk pelaut Kerja sama pengembangan simulator untuk pelaut

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar menjalin kerja sama potensial dalam pengembangan pelatihan simulator bagi tenaga pelaut dengan perusahaan NewGen Information and Service Co. Ltd. Korea Selatan. 

Kerja sama tersebut dituangkan dalam dokumen project yang ditandatangani oleh Direktur PIP Makassar dengan President Director NewGen Information and Service Co. Ltd di Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Direktur PIP Makassar, Capt. Sukirno mengatakan, pihaknya terus berupaya membangun kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas layanan yang dimiliki serta menghasilkan SDM pelaut berkualitas.

“PIP Makassar menyambut baik adanya kerja sama dalam bidang pendidikan dan pelatihan ini guna memenuhi kebutuhan SDM pelaut berkualitas di dunia pelayaran," jelasnya. 

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Dia menyebutkan, sesuai arahan Kepala BPSDM Perhubungan yang terus mendorong seluruh Kampus di lingkungan BPSDMP agar kreatif mencari peluang pengembangan usaha termasuk juga kemungkinan berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD dan Swasta baik dalam maupun luar negeri.

"Salah satu upaya kolaborasi dan sinergi yang dilakukan yakni menjalin kerja sama dengan industri-industri di bidang pelayaran yang diharapkan akan memberikan manfaat dimana Pendidikan dipersiapkan untuk menjawab tantangan dan menyesuaikan dengan industri,"  tuturnya.

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

Menurutnya, langkah yang diambil ini melalui kolaborasi dan sinergi dengan industri juga sejalan dengan core value BPSDM Perhubungan Prestasi (Profesional, etika, standar global, dan integritas). 

Kerja sama ini adalah wujud nyata upaya menjadikan lulusan dapat bersaing di pasar kerja pelayaran global.

Perjanjian kerja sama ini mencakup pengembangan dan penyediaan simulator untuk pelatihan, penyediaan tenaga pelaut kompeten untuk pertukaran dan bekerja di Korea, dan layanan dan dukungan terkait teknologi masa mendatang sesuai yang telah dibahas dan disetujui kedua belah pihak.

Kepala Pusat PSDM Perhubungan Laut, Amirudin dan Kepala Bagian Umum dan Kerjasama PIP Makasar, Budi Joko Raharjo turut hadir dalam penandatangan MoU. (omy)