Daop Jakarta Bersama Kemenhub Terus Lakukan Perbaikan Jalur KA yang Longsor di Jalur Bogor-Sukabumi

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 15/Mar/2023 20:46 WIB
Hingga Rabu (15/3/2023) malam, pekerja masih melakukan upaya penanganan pada jalur KA yang alami longsor. Hingga Rabu (15/3/2023) malam, pekerja masih melakukan upaya penanganan pada jalur KA yang alami longsor.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Upaya percepatan perbaikan jalur KA yang terdampak longsor di antara Bogor Paledang - Batu Tulis terus dilakukan tim prasarana PT KAI Daop 1 bersama DJKA Kementerian Perhubungan hingga Rabu (15/3/2023) malam.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan, salah satu upaya perbaikan jalur yaitu dengan melakukan sejumlah perkuatan konstruksi jalan rel khususnya pada jalur hilir yang tidak terdampak longsor, agar memungkinkan dapat dilewati KA (satu jalur) dengan mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan. 

Baca Juga:
Jadwal Kereta Whoosh Halim-Tegalluar PP Hari Ini Rabu 21 Februari

"Sebelum dioperasikan proses uji coba menggunakan lokomotif juga akan dilakukan. Jika dari sisi keselamatan jalur dinyatakan aman maka KA Pangrango dapat dioperasikan," jelas Eva, Rabu malam.

Sementara untuk jalur hulu yang terdampak longsor dengan kondisi rel menggantung sepanjang 25 meter proses perbaikan akan dilakukan dengan sejumlah tahapan pekerjaan sampai dinyatakan aman untuk operasional KA.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Rabu 21 Februari, Tarif Terjauh Promo hanya Rp 10.000

 

Baca Juga:
Tarif Tol Pekanbaru-Dumai Naik Mulai Maret 2024, Segini Besarannya!

Pengembalian Tiket 100 %

Eva mengatakan, bagi masyarakat yang telah melakukan pembelian tiket untuk perjalanan hari Kamis (16/3), jika KA Pangrango sudah dapat beroperasi maka informasi juga akan diberikan melalui pesan singkat ke nomor kontak yang telah dicantumkan saat melakukan transaksi tiket. 

Berdasarkan data pada Rabu 15 Maret 2023 terdapat sekitar 800 tiket yang sudah diproses untuk pembatalan dengan bea tiket yang diganti 100 persen. 

"Adapun proses pembatalan tiket bagi calon pengguna yang terdampak pembatalan perjalanan KA Pangrango dapat dilakukan hingga tujuh hari ke depan di loket Stasiun Bogor Paledang dan Sukabumi," sebut Eva.

Eva menambahkan, upaya perbaikan jalur rel terdampak longsor dilakukan oleh seluruh tim prasarana Daop 1 Jakarta dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan.(fhm)