Menko PMK Nyatakan Vaksin Covid-19 Tidak Lagi Jadi Syarat Naik Kereta dan Pesawat

  • Oleh : Fahmi

Senin, 17/Apr/2023 16:33 WIB
Vaksin covid-19. Vaksin covid-19.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy menegaskan, vaksinasi Covid-19 tidak lagi menjadi syarat untuk melakukan perjalanan menggunakan moda kereta api maupun pesawat terbang.

Hal tersebut disampaikan Menko Muhadjir di tengah sidak pantauan arus mudik lebaran di Stasiun Besar Madiun, Jawa Timur, Minggu 16 April 2023, sore.

Baca Juga:
Syarat dan Cara Naik Kereta Whoosh Jakarta-Bandung Gratis, Cek di Sini!

Pernyataan itu dikuatkan Menko PMK Muhadjir Efendy dengan menelepon langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat berada di Stasiun Madiun.

Muhadjir menegaskan hal tersebut menyusul masih menemukan adanya pemberlakuan screening dan status vaksinasi Covid-19 pada calon penumpang Kereta Api di Stasiun Madiun.

Baca Juga:
Syarat dan Cara Naik Kereta Api Cepat Whoosh Jakarta-Bandung Gratis

“Ditemukan masih adanya screening vaksinasi calon penumpang, saya nyatakan status vaksinasi Covid-19 sudah tidak lagi diberlakukan,” tegasnya di Stasiun Kereta Api Madiun.

Meski tak lagi menjadi syarat wajib, namun ia menganjurkan bagi calon penumpang kereta api sudah bervaksin dosis satu, dua dan tiga atau booster dan masih dianjurkan antisipasi hanya dengan memakai masker.

Baca Juga:
Naik Kereta Bandara di Yogya dan Medan Kini Boleh Buka Masker, Ini Aturan Lengkapnya!

Tidak diberlakukannya lagi syarat vaksinasi ini sesuai dengan kebijakan menteri kesehatan dan juga menteri perhubungan seiring telah dicabutnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan tidak berlakunya syarat vaksinasi ini, berlaku untuk seluruh moda transportasi di Indonesia.

Terkait aturan baru tersebut, PT KAI Daop 7 Madiun telah melaporkan pernyataan Menko PMK ke PT KAI Pusat dan kini masih menunggu keputusan resmi dari kementerian perhubungan pusat.

“Masih baru dengar, akan laporkan ke pusat untuk menunggu perintah selanjutnya,” kata Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Supriyanto.

Sementara itu, untuk arus mudik lebaran di stasiun Madiun memang belum terjadi peningkatan jumlah penumpang yang signifikan, namun pemudik dari berbagai daerah yang turun di stasiun Madiun sudah mulai terjadi.

Karena itu, Menko PMK Muhadjir meminta kepada PT KAI Daop 7 Madiun untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang kereta api ataupun penjemput penumpang di stasiun.