Syarat dan Cara Naik Kereta Whoosh Jakarta-Bandung Gratis, Cek di Sini!

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 03/Okt/2023 14:53 WIB
Penumpang dengan alat bantu bersama petugas saat melakukan uji coba Kereta Whoosh relasi Jakarta-Bandung. (Ist) Penumpang dengan alat bantu bersama petugas saat melakukan uji coba Kereta Whoosh relasi Jakarta-Bandung. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) menghadirkan Whoosh Experience Program. Masyarakat dapat menggunakan Kereta Cepat Whoosh secara gratis mulai 3 Oktober sampai pertengahan Oktober 2023.

Pemesanan tahap pertama dapat dilakukan pada 2 Oktober 2023 untuk keberangkatan mulai 3-7 Oktober dan selanjutnya akan dibuka secara bertahap.

Baca Juga:
KAI Berkomitmen Terus Selalu Melaksanakan Penugasan dari Pemerintah

Promo ini menindaklanjuti arahan Pemerintah Pusat pada saat peresmian Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Halim, Senin (2/10/2023) oleh Presiden Joko Widodo. 

"Dalam Whoosh Experience Program ini, penumpang mulai dapat memilih tiket kereta yang diinginkan sesuai jadwal perjalanan yang tersedia dan tidak harus pulang pergi (pp), penumpang sudah mulai menggunakan tiket fisik agar dapat melewati gate in dan gate out," kata Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi dalam keterangan tertulis, Senin (2/10/2023).

Baca Juga:
Whoosh Angkut Lebih dari 200 Ribu Penumpang di Angkutan Lebaran Perdana 2024

KCIC bersama para mitra juga akan menghadirkan bazaar kuliner dan hiburan untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang saat menunggu di Stasiun Halim. 

Pemerintah menggratiskan naik Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) hingga pertengahan Oktober 2023. 

Baca Juga:
Hujan Angin di Stasiun Tegalluar Sebabkan Cipratan Air Masuk ke Pintu Kereta Whoosh saat Penumpang Naik

Syarat Naik KA Whoosh

Pada masa promo ini, masyarakat bisa memesan tiket Kereta Cepat Whoosh melalui website ayonaik.kcic.co.id dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Registrasi dilakukan hanya di web ayonaik.kcic.co.id
  2. Setiap pemesan hanya dapat melakukan registrasi untuk 2 penumpang dalam setiap transaksi
  3. Peserta menunjukan Bukti Registrasi Email yang berisi kode booking dan ID Card untuk melakukan penukaran tiket di loket counter stasiun pemberangkatan
  4. Nama penumpang yang sudah didaftarkan sesuai ID Card pada saat registrasi tidak dapat diganti pada saat penukaran tiket di loket
  5. Penumpang tiba di Stasiun maksimal 60 menit sebelum jadwal keberangkatan KA yang telah dipilih

Terdapat 8 perjalanan KA setiap harinya dengan 4 rute yang dapat dipesan yaitu:

  • Halim - Bandung
  • Halim - Tegalluar
  • Bandung - Halim
  • Tegalluar - Halim

Cara Beli Tiket Kereta Whoosh Gratis

Simak cara pembelian tiket KCJB Whoosh gratis.

  • Buka situs ayonaik.kcic.co.id
  • Pilih rute perjalanan, tanggal keberangkatan, hingga jumlah penumpang kereta
  • Klik 'Cari Jadwal'
  • Lalu, baca syarat dan ketentuan yang berlaku, kemudian klik Setuju
  • Pilih jadwal keberangkatan yang diinginkan
  • Selanjutnya, selesaikan pemesanan hingga mendapat tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Gratis.

Mulai 3 Oktober 2023 juga, masyarakat sudah bisa naik dan turun di Stasiun Kereta Cepat Whoosh Padalarang dan dapat melanjutkan perjalanan ke Stasiun Bandung menggunakan KA Feeder dengan jadwal keberangkatan dan kedatangan KA Feeder yang telah disesuaikan dengan jadwal keberangkatan dan kedatangan Kereta Cepat Whoosh.

Untuk bisa sampai ke area stasiun Kereta Cepat Whoosh, KCIC sudah menyediakan sejumlah aksesibilitas dan integrasi moda. Untuk stasiun Halim, calon penumpang dapat melalui DI Panjaitan sebagai akses utama. Selain itu, kawasan Stasiun Halim saat ini sudah terkoneksi dengan LRT Jabodebek dan Transjakarta relasi Halim - Cawang dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB.

Untuk di Stasiun Padalarang, memiliki aksesibilitas dengan KA Feeder, KA Commuter dan Exit Tol Padalarang. Sementara untuk Stasiun Tegalluar, disiapkan shuttle bus oleh pihak Damri dan Summarecon untuk mempermudah masyarakat menjangkau area stasiun Kereta Cepat Whoosh.

Untuk dapat menuju Stasiun Tegalluar juga dapat menggunakan akses keluar tol KM 149 yang beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

"Tahap awal operasional ini akan dievaluasi secara berkala dan diharapkan bisa mendapat respons baik dari masyarakat," terang Dwiyana.