KM Jaya Makmur Tenggelam di Sumenep, 1 ABK Dilaporkan Hilang

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 04/Mei/2023 17:11 WIB
Dua ABK KM Jaya Makmur yang tenggelam di perairan Pulau Giliraja, Sumenep, dievakuasi ke kantor Satpolairud Polres Sumenep, Kamis, 4 Mei 2023. Dua ABK KM Jaya Makmur yang tenggelam di perairan Pulau Giliraja, Sumenep, dievakuasi ke kantor Satpolairud Polres Sumenep, Kamis, 4 Mei 2023.

SUMENEP (BeritaTrans.com) - Sebuah kapal layar bernama KM Jaya Makmur GT 30 yang memuat 850 karung garam mentahan tenggelam di Perairan Gili Raja, Kecamatan Gili Genting, Sumenep, Jawa Timur. 

Peristiwa ini diketahui oleh Kapal TB Logindo Progress yakni salah satu kapal yang mendukung dan mengawasi kegiatan Sumur Migas HCML MAC, pada Kamis (4/5) pukul 13.15 WIB.

Baca Juga:
Tim SAR Gabungan dari Kemenhub, Basarnas dan TNI-Polri Temukan 2 Korban Kapal Dewi Indah Noor 1 yang Tenggelam di Perairan Kepulauan Seribu

Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti mengatakan, semula kapal pendukung kegiatan sumur migas melihat sebuah kapal kayu yang sedang mengalami kemiringan hingga tenggelam.

"Kapal TB Logindo Progress ini langsung melakukan upaya pertolongan terhadap anak buah kapal (ABK)," kata Widiarti dalam rilisnya.

Baca Juga:
Kapal Migran Karam di Tanjung Verde, 63 Imigran Tewas

Menurutnya dari tiga ABK, dua orang selamat, dan satu orang lainnya dilaporkan hilang dan dalam proses pencarian. Mereka para ABK asal Kabupaten Sampang.

Dalam upaya pertolongan ini, petugas gabungan termasuk Sat Polairud Res Sumenep, BKO Ditpolairud Polda Jatim, TNI AL dan BASARNAS bersatu melakukan upaya penanganan.

Baca Juga:
Kapal Tenggelam di Selat Malaka, 11 Selamat dan 3 Orang Masih Hilang

"Salah satunya adalah dengan menggunakan Kapal Speed RIB yang melakukan penjemputan terhadap dua ABK untuk dibawa menuju Pelabuhan Kalianget dan dilakukan tindakan medis," ujarnya.

Sementara kerugian dari peristiwa ini ditaksir mencapai Rp250 juta. (fhm)