Erupsi Gunung Api Ile Lewotolok, Penerbangan Wings Air Rute Kupang-Lewoleba Dibatalkan

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 04/Mei/2023 19:16 WIB
Pesawat Wings Air. (Ist) Pesawat Wings Air. (Ist)

KUPANG (BeritaTrans.com) - Pihak Wings Air mengumumkan pembatalan penerbangan rute Kupang (KOE) – Lewoleba (LWE) – Kupang (KOE) yang dijadwalkan beroperasi Kamis (4/5/2023).

Keputusan ini sesuai dengan pemberitahuan resmi dari otoritas penerbangan, yang menyatakan bahwa Gunung Api Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur dilaporkan mengalami erupsi.

Baca Juga:
Gegera Badai Petir di Texas, Ribuan Penerbangan Dibatalkan

"Keselamatan dan keamanan penerbangan merupakan prioritas utama Wings Air. Pembatalan penerbangan dilakukan untuk menghindari risiko keamanan dan keselamatan penumpang dan kru pesawat," ujar Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, Kamis (4/5/2023).

Danang juga menyatakan akan memberikan solusi kepada calon penumpang yang terdampak antara lain pengembalian dana pemesanan tiket atau perubahan jadwal terbang berdasarkan prosedur serta aturan yang berlaku.

Baca Juga:
Kisah Pasangan Turis Rugi Rp 356 Juta Gegara Tiket Dibatalkan Sepihak

Wings Air dijelaskan akan terus memantau situasi tersebut dengan seksama dan berkoordinasi dengan otoritas penerbangan, pengelola bandar udara serta pihak terkait lainnya untuk memastikan keselamatan dan keamanan.

"Jika setelah dilakukan evaluasi oleh otoritas penerbangan dan pihak maskapai, dinyatakan bahwa bandara tujuan sudah aman dan tidak terganggu oleh erupsi gunung berapi, maka operasional penerbangan dapat dilanjutkan seperti biasa," kata Danang.

Danang juga menjelaskan dampak erupsi dan abu vulkanik, yaitu apat membahayakan penerbangan karena abu vulkanik memiliki sifat sangat berbeda dengan debu atau partikel lain yang biasanya ditemukan di atmosfer. 

"Dalam menunjang keselamatan dan keamanan penerbangan, otoritas penerbangan dan maskapai penerbangan selalu memperhatikan kondisi lingkungan sebelum memutuskan untuk melakukan penerbangan dan melakukan tindakan pencegahan seperti membatalkan penerbangan atau mengubah jalur penerbangan agar penumpang dan kru pesawat tetap aman dan terhindar dari bahaya," pungkas Danang.