Awak Kapal KPLP Sukses Jaga Keamanan dan Keselamatan Perairan Labuan Bajo Selama KTT ke-42 ASEAN

  • Oleh : Naomy

Rabu, 10/Mei/2023 11:50 WIB
Direktur KPLP (tengah) bersama Awak Kapal Patroli di Labuan Bajo Direktur KPLP (tengah) bersama Awak Kapal Patroli di Labuan Bajo

LABUAN BAJO (BeritaTrans.com) -  Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berkomitmen terus meningkatkan pelayanan dalam menjaga keamanan dan keselamatan perairan Indonesia termasuk dalam perhelatan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo. 

Baca Juga:
Kebakaran Kapal MV Layar Anggun 8 di Perairan Tanjung Berakit Berhasil Diselamatkan Tim KPLP

Para awak kapal patroli KPLP (Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai) akan terus melakukan pengawasan dan patroli guna memastikan keamanan dan ketertiban perairan tetap terjaga dengan baik.

"KPLP berkomitmen terus menjaga keamanan dan ketertiban perairan di Indonesia serta mendukung kebijakan pemerintah dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk dalam penyelenggaraan acara berskala internasional seperti KTT ke-42 ASEAN," tegas Direktur KPLP Rivolindo saat meninjau langsung kesiapan para awak kapal patroli sebelum kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang akan turut meninjau langsung kesiapan para petugas, Rabu (10/5/2023).

Baca Juga:
Kemenhub Fasilitasi Mudik Gratis dari Pelabuhan Celukan Bawang ke Kepulauan Raas

Rivolindo mengungkapkan, saat ini sebanyak 53 orang awak kapal patroli KPLP bertugas, terdiri dari 23 awak kapal KN Jembio milik Pangkalan PLP Tanjung Priok dan 30 awak kapal KN Chundamani P-116 milik Pangkalan Tanjung Perak. 

Para awak kapal patroli sudah bersiaga di Labuan Bajo sejak 5 Mei.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Gelar Pelatihan Boarding Officer bagi Awak Kapal Patroli

"Saya memberikan apresiasi dan semangat kepada kru kapal patroli yang bertugas dalam pengamanan penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN, terutama bagi sebagian besar petugas yang belum pulang ke rumah semenjak pengamanan Angkutan Lebaran," urainya.

Selama kunjungannya, Rivolindo juga bertemu dengan nahkoda kapal Chundamani P-116, Subairi dan nahkoda KN Jembio Luhut Maruli Tua Simanullang untuk memastikan kesiapan mereka dan memberikan dukungan moril dan apresiasi kedua nahkoda tersebut yang terus memimpin awak kapal dengan profesionalisme dan keberanian dalam menjalankan tugasnya.

Rivolindo menyatakan kepercayaannya terhadap kemampuan dan dedikasi para awak kapal patroli KPLP dalam menjaga keselamatan, keamanan, dan ketertiban perairan.

"Semua awak kapal patroli tetap semangat dan berdedikasi dalam menjaga keselamatan, keamanan, dan ketertiban perairan," ungkapnya.

Rivolindo menekankan bahwa keselamatan dan keamanan perairan merupakan prioritas utama selama perhelatan KTT ke-421 ASEAN dan KPLP akan terus berkomitmen dalam menjalankan tugasnya dengan baik.

"KPLP juga mengajak masyarakat dukung tugas para awak kapal patroli dan turut serta dalam menjaga keamanan ketertiban perairan. Kita semua mempunyai peran penting untuk mewujudkan Indonesia yang aman dan sejahtera," pungkasnya. (omy)